Pengertian rafting

Pengertian Rafting

sumber : blog.lakupon.com
sumber : blog.lakupon.com

 

Rafting dalam bahasa anggris yang artinya mangarungi sungai yang menggunakan perahu dengan mengandalkan kemampuan berdayung. Rafting juga biasanya disebut dengan kata Arung Jeram. Sebagaimana Internasional Rafting Federation (IRF), Pengertian Rafting atau Arung Jeram sebagai “suatu aktivitas manusia dalam mengarungi sungai dengan mengandalkan keterampilan dan kekuatan fisiknya untuk mendayung perahu yang berbahan lunak yang secara umum diterima sebagai suatu kegiatan sosial, komersil dan olah raga”.

Rafting atau Arung Jeram sebagai olah raga kelompok, yang sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan. Kerja sama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai. Tak dapat dibantah bahwa Arung Jeram merupakan olah raga yang penuh resiko (high risk sport). Namun demikian, setiap orang mampu melakukannya – asalkan dia dalam kondisi “baik”; baik dalam arti pemahaman teknis, kemampuan membaca medan secara kognitif, dan sehat fisik dan mental.

sumber : www.visitprobolinggo.com
sumber : www.visitprobolinggo.com

Jadi, Rafting atau Arung Jeram adalah olah raga yang menuntut keterampilan. Untuk itu sangat membutuhkan waktu untuk berkembang. Perkembangan ke arah mencapai kemampuan yang prima, hanya mungkin apabila mau mempelajari sifat-sifat sungai, serta bersedia melatih diri di tempat itu. Kecuali perlu mengembangkan pengetahuan mengenai sifat-sifat sungai, wajib pula berlatih berdayung, berkayuh di sungai. Implikasinya butuh mengembangkan kemampuan fisik, agar selalu mencapai kondisi seoptimal mungkin. Hal lain yang patut diingat, adalah berlatih cara-cara menghadapi keadaan darurat di sungai. Hal ini penting untuk melatih kesiapan, kemampuan dan kepercayaan diri, apabila memang harus menghadapinya.

Sumber :

https://raftingjatim.wordpress.com/pengertian-rafting/

http://www.telagawajarafting.co.id/pengertian-rafting-atau-arung-jeram/