Tips Memilih Sleeping Bag yang Baik

Tips Memilih Sleeping Bag yang Baik

sumber : wisaz.com
sumber : wisaz.com

Sleeping Bag (kantung tidur) adalah sebuah barang wajib yang kudu kamu bawa saat mendaki atau traveling. Fungsi utamanya adalah untuk menghangatkan badan ketika sedang tidur. Benda ini merupakan salah satu benda yang wajib dibawa ketika Anda akan melakukan kegiatan camping, mendaki gunung atau melakukan petualangan lain di alam bebas.

Jika peralatan tidur memadai, pasti akan berimbas pada kualitas istirahat yang maksimal. Kita akan tidur dengan lebih nyenyak, tidak sering terbangun karena merasakan kedinginan dan terbebas dari hipotermia. Jadi jangan sepelekan peralatan tidur kamu. Nah, berikut tips bagaimana memilih sleeping bag yang baik dan pas untuk perjalanan Anda.

·           Bentuk Sleeping Bag

Secara umum bentuk sleeping bag terbagi ke dalam dua macam, yaitu sleeping bag dengan bentuk mumi dan bentuk tikar/selimut. Sleeping bag dengan bentuk tikar biasanya lebih disukai oleh mereka yang hobi melakukan travelling atau backpacker. Karena model tikar dapat dialihfungsikan menjadi selimut atau sebagai alas. Mereka yang memilih sleeping bag dengan bentuk mumi biasanya memiliki hobi untuk melakukan kegaiatan di alam bebas misalnya mendaki gunung. Sleeping bag lain juga ada yang memiliki bentuk dengan lubang pada tangan, sleeping bag ini membuat penggunanya lebih mudah bergerak dibandingkan dengan model mumi atau tikar.

·           Bahan Sleeping Bag

Sleeping bag dibuat dari berbagai macam bahan diantaranya adalah :

  • Bahan parasit: yang memiliki bobot yang cukup ringan, bahan parasit biasanya dilapisi dengan kapas atau bulu di bagian tengahnya yang akan membuat anda lebih hangat
  • Bahan sintetis (polyester): sleeping bag dengan bahan sintetis lebih ringan dan mudah kering
  • Dacron: bahan ini seperti isi boneka, bersifat ringan dan cukup hangat namun kadang memakan tempat dalam ransel.
  • Bahan polar: memiliki keunggulan memberikan kehangatan yang lebih baik dengan ukuran yang lebih minim

·           Memilih Sleeping Bag yang sesuai

Dari bahan dan bentuk kantung tidur itu kita dapat memilih sesuai dengan kegunaan/fungsi serta ketersediaan dana yang ada. Biasanya Sleeping Bag dengan bahan yang lebih bagus akan berbanding lurus dengan harganya. Makin bagus bahan, makin mahal harga.

Merk/Brand produsen sleeping bag juga sangat menentukan kualitas dan harga. Tapi sangat disarankan untuk tidak ‘termakan merk’. Beberapa brand memang memiliki varian dan jenis sleeping bag yang bermacam-macam. Ada yang hanya dapat dipakai sampai suhu tertentu, bahkan ada yang di bawah nol. Ada pula yang dapat digunakan pada 4 musim, namun di Indonesia sangat jarang (kecuali mendaki ke Cartenz).

Perlu kamu tau juga, bahwa sleeping bag memiliki bermacam-macam volume saat dilipat/digulung. Semua sangat tergantung dari jenis bahan yang dipakai, ada bahan yang sangat kompak saat dilipat. Namun banyak juga bahan yang susah dilipat, bahkan seringkali mengembang jika salah melipat.

Dari volume sleeping bag itu akan berpengaruh dengan ketersediaan space/tempat dalam tas kita. Jika kamu membawa sleeping bag yang terlalu ‘makan tempat’ otomatis akan mengurangi jatah barang yang harus kamu bawa. Jangan sampai hanya karena salah membawa sleeping bag, akhirnya tas/ransel yang kita bawa tidak cukup untuk barang-barang lainnya yang juga penting. Oleh karena itu bijaksanalah dalam memilih.

  • Cek dan Telitilah Sleeping Bag

Sebelum memutuskan untuk membeli, jangan ragu untuk cek jahitan sleeping bag. Apakah kuat atau tidak. Jangan lupa juga untuk cek bahan lapisan dalam/luar sleeping bag karena beberapa sleeping bag mempunyai bahan yang berbeda antara bagian dalam dan luarnya.

  • Sesuaikan dengan budget Anda

Bila Anda mempunyai uang lebih, tidak ada salahnya Anda membeli sleeping bag dengan harga yang lebih tinggi dan yang sudah teruji kualitasnya.

sumber : farizfrmnsyh.blogspot.com
sumber : farizfrmnsyh.blogspot.com

Bila akan menggunakan dan memilih sleeping bag, sebaiknya Anda membalik bagian dalamnya keluar terlebih dahulu. Hal ini cukup penting untuk mencegah adanya serangga atau sesuatu yang nantinya akan membuat Anda tidak nyaman ketika memakainya dan untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat saat berpetualang, lengkapi juga dengan sarung tangan (gloves), jaket yang dapat menjaga temperature tubuh (insulasi), penutup kepala, baju dan celana hangat.

Sumber :

http://www.pecintaalam.net/cara-memilih-sleeping-bag-yang-baik/

http://www.utiket.com/id/weblog/429/tips_memilih_sleeping_bag.html

 

 

 

Posted Under
Uncategorized