Tips Memilih Senter Mendaki

Tips Memilih Senter Mendaki

senter juga merupakan salah satu alat vital pendakian yang jangan sampai kamu lupakan saat mempersiapkan alat-alat pendakian. Namun selama di alam bebas ini, tidak sembarangan jenis senter bisa kamu gunakan. Pertimbangan utama adalah sumber tenaga yang digunakan oleh senter sangatlah terbatas, sehingga kamu perlu membawa jenis senter yang tepat untuk menemani pendakianmu. Berikut adalah tips memilih senter mendaki yang bisa kamu gunakan :

  1. Awet Dan Tidak Mudah Rusak

yang dimaksud awet disini adalah lampu dari senter itu sendiri. Keberadaannya yang sewaktu-waktu dibutuhkan menuntut alat ini harus tangguh dan tidak mudah rusak. Ada 2 jenis senter yang bisa kamu lihat dari lampu yang digunakan :

  • senter yang menggunakan pirces (bohlam pijar tradisional)

jenis ini biasanya cepat panas dan hanya memiliki ketahanan selama 1000 hingga 2000 jam saja. Biasanya hanya terdiri dari 1 bohlam saja, jadi jika mati senter benar-benar tidak bisa digunakan

  • senter yang menggunakan LED

memiliki ketahanan berkisar 20000 hingga 50000 jam. Senter jenis ini terdiri dari beberapa jumlah lampu LED jadi, jika salah satu LED mati, maka lampu LED yang lain masih bisa berfungsi.

  1. Tahan Lama

tahan lama yang dimaksud disini adalah memiliki daya konsumsi yang rendah terhadap baterai. Semakin rendah konsumi daya sebuah senter, maka senter akan lebih tahan lama dalam menghasilkan sinar. Senter LED dapat bertahan sampai 10x lebih lama pada satu set baterai daripada senter pijar tradisional.

  1. Tahan Air

tahan air merupakan kemampuan tambahan yang bisa kamu pertimbangkan dari senter yang akan kamu beli. Jenis senter yang tahan air ini biasanya dilapisi bahan karet sehingga tahan air.

sumber : id.aliexpress.com
sumber : id.aliexpress.com

Seperti yang kamu tahu ada istilah “ada harga ada kualitas” , jadi tidak heran jika senter yang memiliki kualitas mumpuni seperti yang sudah didiskusikan diatas memiliki harga lebih mahal dibanding jenis senter yang biasa. Namun kamu perlu mengukur kebutuhanmu terhadap senter itu sendiri, namun mimin sarankan untuk pendakian jangan setengah-setengah untuk membeli senter.

sumber : http://www.belantaraindonesia.in/2013/04/tips-memilih-senter-untuk-pendakian.html

Posted Under
Uncategorized