Tips Merawat Tenda Dome

Tips Merawat Tenda Dome

sumber : pusattendamurah.com
sumber : pusattendamurah.com

setelah tips merawat sepatu dan jaket outdoor milikmu, kali ini mimin akan mengajak kamu membahas tips bagaimana untuk merawat tenda dome. Jenis tenda ini paling banyak digunakan oleh para pendaki karena cukup simpel untuk ditata dan dibongkar kembali. Namun, selain kamu harus pandai menggunakannya, kamu juga harus pandai untuk merawat tenda dome jika tenda tersebut tidak digunakan. Berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan untuk merawat tenda dome :

  1. Segera Bersihkan Tenda Setelah Kamu Gunakan

setelah menggunakan tenda, segera bersihkan tenda dari kotoran-kotoran yang ada. Jangan malas untuk urusanĀ  ini karena jika kamu meremehkannya, maka tenda dome yang kamu miliki tidak akan awet. Untuk mencucuinya, kamu bisa menggunakan spons yang dibasahi dan sabun / sampo untuk membersihkannya.

  1. Bersihkan Lempengan Besi Tenda Dengan Air Bersih Setelah Digunakan

Tidak menutup kemungkinan besi penyangga tenda juga terkena kotoran selama pendakian. Biasanya kotoran akan cepat menempel jika musim hujan tiba. Pembersihan besi penyangga tenda bertujuan untuk mengurangi korosi yang terjadi pada lempengan besi yang bisa mengurangi kelenturan frame. Selain itu, kamu juga perlu mengecek bagian resleting supaya tidak terjadi karat.

  1. Simpan Tenda Di Tempat Yang Sejuk Dan Kering

Pastikan kondisi penyimpanan tenda berada di tempat sejuk dan kering. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari jamur jika tempat penyimpanan tenda lembab yang bisa merusak lapisan pada tenda.

  1. Jangan Biasakan Menjemur Tenda Di Bawah Sinar Matahari Langsung

jangan sepelekan masalah tempat pengeringan tenda ini, jika terbiasa mengeringkan tenda di bawah sinar matahari langsung maka hal tersebut dapat merusak bahan pada tenda.

  1. Jangan Salah Gunakan Fungsi Tenda Sebagai Alas Tidur Maupun Untuk Selimut

hal sepele ini jangan kamu abaikan, karena menggunakan tenda untuk kasur atau selimut dapat menimbulkan gesekan antara tenda dan tanah. Gesekan tersebut ditakutkan bisa merusak bahan tenda.

sumber : http://www.avonturir.net/2013/10/tips-merawat-dan-membersihkan-tenda-dome.html