Tips Aktivitas yang Bisa Dilakukan Jika Insomnia Saat Pendakian

Tips Aktivitas yang Bisa Dilakukan Jika Insomnia Saat Pendakian

Jika Anda tidak bisa tertidur ketika mendaki atau saat di tenda dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Hal ini dapat membuat Anda terjaga sampai pagi dan pada akhirnya Anda akan merasa mengantuk, lelah, dan mudah tersinggung. Anda tentu tidak akan dapat menyelesaikan tugas apapun saat siang hari.

sumber : www.goodtherapy.org
sumber : www.goodtherapy.org

Kadang-kadang kita tidak bisa tertidur tanpa alasan. Anda tenang dan bahagia serta tidak memiliki masalah, tetapi Anda masih mengalami kesulitan untuk tertidur.
Alasan lain insomnia, yakni jadwal tidur yang tidak teratur. Sangat penting untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Jadwal tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan insomnia kronis.

Bila Anda tidak bisa tidur, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan.

1. Menulis jurnal

sumber : theodysseyonline.com
sumber : theodysseyonline.com

Ambil jurnal dan mulai menulis tentang kekhawatiran dan masalah Anda. Ini bisa menjadi cara yang baik. Setelah Anda menuliskannya, mulailah berpikir tentang saat-saat paling bahagia dalam hidup Anda. Kemudian, tuliskan 10 hal yang Anda syukuri dalam hidup Anda.

Berpikir dan menulis tentang hal-hal bahagia dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, lebih baik tidur dan bangun lebih bahagia di pagi hari.

Jika menulis jurnal adalah bukan sesuatu yang menarik bagi Anda, maka Anda perlu mencoba untuk mengambil sepotong kertas dan mulai menulis beberapa cerita kecil bahagia dan menarik. Beberapa orang mengklaim bahwa upaya ini dapat membantu mereka melawan insomnia.

2. Meditasi

sumber : theartofunity.com
sumber : theartofunity.com

Meditasi merupakan kegiatan yang sangat populer saat ini. Ini dinilai bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres, kecemasan dan depresi.

Meditasi juga dikenal untuk mencegah dan memerangi gangguan tidur. Upaya ini akan menenangkan pikiran dan tubuh Anda dan membantu Anda tertidur dengan mudah sepanjang malam. Meski begitu, berdoa sebelum tidur juga menjadi pilihan yang terbaik dan patut dipertimbangkan.

3. Membaca buku

sumber : www.entrepreneur.com
sumber : www.entrepreneur.com

Membaca adalah cara yang populer dan efektif untuk tertidur lebih cepat. Membaca dalam waktu 20 menit akan membuat Anda merasa bosan dan mengantuk yang kemudian Anda akan tertidur tanpa menyadarinya.

Jika Anda seorang pecinta buku, Anda perlu menghindari membaca buku-buku yang menarik dan favorit Anda. Jika tidak, Anda mungkin akanĀ  membaca bukuĀ  sepanjang malam. Agar bisa tertidur, Anda hanya perlu memilih buku inspirasional atau ilmu yang Anda tidak ingin membaca sebelumnya.

Itulah sedikit tips yang bisa kamu lakukan ketika terkena insomnia waktu pendakian. Semoga bermanfaat, salam lestari!

Sumber :

http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/15/02/23/nk83jb-aktivitas-yang-bisa-dilakukan-saat-susah-tidur