3 Air Terjun Indah di Sekitar Gunung Ijen

3 Air Terjun Indah Sekitar Gunung Ijen

Tidak ada salahnya untuk “sekali dayung dua pulan terlampaui” , jadi tidak ada salahnya untuk mengunjungi destinasi-destinasi indah ini ketika kamu mengunjungi Gunung Ijen. Lokasi air terjung ini berada di kota Bondowoso. Berikut adalah 3 air terjun indah yang bisa kamu kunjungi ketika kamu bepergian ke gunung ijen :

1. Air Terjun Kalipait

air terjun kalipahit
air terjun kalipahit

Air terjun ini memiliki bentuk air terjun yang memanjang beraliran seperti sungai yang mengalir diantara bebatuan alami yang berukuran cukup besar. Air disini memiliki warna hijau kekuningan yang mengandung belerang. Menurut informasi, air terjun ini merupakan rembesan dari air di kawah ijen, memiliki rasa asam dan mengandung belerang yang sangat tinggi. Jadi buat travellers yang memiliki luka di tubuh jangan sampai mengenai air ini karena tentu akan sangat perih. Air ini juga sedikit berbusa, sehingga membuatnya menjadi air terjun yang cukup unik. Lokasi air terjun ini berada dekat dari Paltuding di pinggir jalan via rute Bondowoso atau tepatnya berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Tidak jauh dari lokasi air terjun kalipait kamu akan menemui taman bunga  yang cukup indah dan luas dengan bunga berwarna ungu.

2. Air Terjun Niagara Mini

air terjun niagara mini
air terjun niagara mini

Tidak beda jauh dengan air terjun kalipait, air terjun niagara mini juga berada dekat dengan jalan raya. Lokasi air terjun ini berada di lingkungan perkebunan kopi arabika yang dikelola oleh PTPN XII, sedikit jauh dari lokasi air terjun kalipahit karena kamu lokasinya berada disekitar pemukiman penduduk. Air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah, berbentuk melebar, berundak dan memiliki ketinggian 6 meter. Untuk kategori air terjun, air terjun ini termasuk cukup pendek. Bebatuan berlumut hijau menambah keindahan air terjun ini. Untuk menuju lokasi ini, kamu akan sedikit menuruni tangga. Air terjun ini berasal dari aliran sungai yang cukup lebar dengan pemandangan rumput hijau disekitarnya.

3. Air Terjun Blawan

sumber : alamasedy.blogspot.com
sumber : alamasedy.blogspot.com

Selain dua air terjun diatas, kamu bisa mengunjungi air terjun blawan yang berlokasi dipemandian air hangat blawan. Jarak air terjun blawan tidak jauh dari air terjun niagara mini, sekitar satu kilometer saja. Sebaiknya travellers, memakirkan kendaraan yang tidak jauh dari homestay karena akses menuju air terjun merupakan makadam yang rusak dengan tikungan menurun yang sangat tajam. Dari pintu masuk menuju air terjun, kita akan berjalan sebentar dan menaiki tangga selama 5 menit kemudian berlanjut dengan menuruni tangga.

Tidak seperti  air terjun yang lain, air terjun belawan hanya bisa dilihat dari sisi sebelah kanan sedangkan sisi kiri dan depan dibatasi dengan tebing yang cikup tinggi. Air terjun ini memiliki air yang berwarna cokelat dan mengalir cukup deras. Tempat wisata ini cukup sepi mungkin karena jauhnya lokasi.

Sumber :

http://nulspounya456789.blogspot.co.id/2015/03/air-terjun-kali-pait-bondowoso.html

http://wisata.javaindonesia.org/jawa-timur/keindahan-3-air-terjun-di-lereng-gunung-ijen-bondowoso-jawa-timur/

http://studentofbutterfly.blogspot.co.id/2013/06/bendung-kalipait-air-terjun-hijau-di.html

http://travel.detik.com/read/2014/05/20/102400/2491963/1025/3-air-terjun-cantik-di-kaki-gunung-ijen

Posted Under
Uncategorized