8 Pasar Apung Keren yang ada di Indonesia

8 Pasar Apung Keren yang ada di Indonesia

Buat kamu yang suka belanja atau sekedar foto-foto mengenai pemandangan atau aktivitas keramaian, cocok buat kamu untuk mengunjungi wisata pasar apung. Pasar apung merupakan pasar yang menyediakan sarana jual beli yang berada di perairan seperti di danau atau di sungai. Tidak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk menemukannya. Di Indonesia, kamu bisa mengunjungi 8 pasar apung keren ini :

  1. Pasar Ah Poong, Bogor

Pasar apung yang terletak di tepi Sungai Cikeas, Sentul ini memang memiliki konsep modern. Disana kamu akan banyak menjumpai resto terapung yang menawarkan berbagai kuliner khas Indonesia maupun mancanegara. Sambil makan, kamu juga bisa menikmati pemandangan di tepi sungai atau menaiki perahu secara gratis.

  1. Pasar Apung Lembang, Bandung

Untuk masuk ke Pasar Apung Lembang, kamu diharuskan membayar Rp 10 ribu* dan bisa ditukerkan dengan minuman hangat. Sebelum membeli makanan di sana, kamu diwajibkan untuk menukarkan uang dengan uang plastik yang digunakan sebagai alat tukar. Untuk naik perahu di Pasar Apung Lembang, kamu cukup membayar Rp 1 ribu* aja. Kuliner yang menjadi favorit di sana adalah tutut (keong sawah) yang dimasak dengan kuah kari. Konsep wisata yang digunakan di sana adalah bermain, belajar, dan kuliner. Makanya, di Pasar Apung Lembang juga terdapat rumah-rumah asli dan kuno dari Jawa Timur, rumah rileksasi dengan arsitektur Belanda, Thailand, dan Betawi. Semuanya dibuat terapung di atas danau.

  1. Pasar Apung Nusantara, Batu, Malang

Lokasinya berada di satu wilayah dengan museum angkut. Disana kamu bisa menikmati kuliner khas nusantara dan berbagai cinderamata. Untuk menyusuri pasar dengan perahu, kamu cukup membayar Rp 10 ribu*. Di Pasar Apung Nusantara juga ada berbagai rumah adat khas Indonesia, seperti Lombok, Nias, Kalimantan, Madura, dan lain-lain.

  1. Pasar Apung Langkat

Pasar yang sudah ada sejak tahun 2009 ini dibangun untuk menjaga kestabilan harga ikan kerapu yang merupakan komoditas andalan di Langkat, Sumatera Utara.

  1. Pasar Siring Piere Tandean, Banjarmasin

Pasar ini terdapat pada jalan Kapten Piere Tandean. Jika ada pembeli, maka para pedagang akan merapatkan perahunya ke area pinggiran siring. Rata-rata pedagang di sana adalah ibu-ibu yang menjual bumbu dapur, buah, sayur, dan makanan khas Banjarmasin, seperti putu mayang, buras, jagung kukus, lapat, dan lain-lain.

Pasar Siring Piere Tendean sempat mengalami penurunan penjual karena berkembangnya pasar modern. Namun, pemerintah berusaha mempertahankan keberadaan floating market ini dengan berbagai renovasi, salah satunya dengan membuat dermaga yang disambung dengan lanting kayu, sehingga pembeli bisa mendekat kepada para pedagang melalui dermaga tersebut. Pemerintah juga kerap membuat pesta kesenian rakyat di sana supaya pasar ini tetap ramai.

  1. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar yang juga biasa disebut dengan Pasar Terapung Sungai Martapura ini akan ramai jika musim panen sayur dan buah tiba. Terutama pada pukul 6 hingga 7 pagi. Di sana kamu akan melihat para pedagang sayur dan buah yang hilur mudik di sungai dengan menggunakan perahu. Kalau ke sana, kamu wajib mencicipi buah khas Kalimantan bernama kecapi yang berbentuk seperti jeruk, tapi ukurannya lebih kecil.

  1. Pasar Terapung Muara Kuin

Nama lain dari Pasar terapung muara kuin adalah Pasar terapung sungai barito. Pasar Terapung Muara Kuin juga dijadikan sebagai transaksi jual-beli di atas sungai. Barang yang dijual di sana adalah sayur, buah, ikan, tanaman, aneka makanan, hingga peralatan rumah tangga. Di sana kita juga bisa makan diatas kapal.

Sumber :

https://www.pegipegi.com/travel/8-floating-market-keren-di-indonesia/

Posted Under
Uncategorized