Aturan Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Mengajak Hewan Peliharaanmu Berlibur

Aturan Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Mengajak Hewan Peliharaanmu Berlibur

Kita sebagai manusia mungkin akan terbiasa dengan perjalanan jauh, namun hal tersebut tidak berlaku bagi hewan peliharaan kita. Jika acara liburan hanya mengunjungi lokasi wisata yang dapat ditempuh dengan waktu kurang dari empat jam, barangkali membawa serta binatang peliharaan di dalam mobil bukan menjadi masalah besar. Berikut adalah aturan yang perlu kamu perhatikan saat mengajak hewan peliharaanmu berlibur :

  1. Pertimbangkan baik-baik apakah hewan peliharaan harus ikut atau tidak

Jika kamu merasa tidak harus bepergian dengan hewan peliharaan, maka kamu tidak perlu serta merta membawa mereka untuk berlibur. Kamu bisa menitipkan mereka di asrama atau penitipan khusus hewan. Jangan lupa perhatikan kemampuan para pengasuh hewan tersebut.

  1. Cek persyaratan yang diberikan oleh maskapai

Jika kamu bepergian menggunakan pesawat, maka perhatikan peraturannya karena setiap maskapai memiliki regulasi yang berbeda. Secara umum, sejumlah maskapai meminta agar hewan peliharaan sudah divaksinasi. Selain itu, kamu juga harus membawa kandang berventilasi. Tentu saja, biaya yang dibayarkan sama dengan harga tiketmu.

  1. Cek tas atau kandang hewan peliharaan

American Veterinary Medical Association (AVMA) tidak merekomendasikan untuk menggunakan obat penenang hewan peliharaan. Itu justru dapat meningkatkan risiko jantung dan masalah pernapasan. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pengujian untuk tas atau kandang hewan peliharaan. Ini berguna untuk mencegah hewan berkeliaran saat dibawa.

  1. Buatlah hewan peliharaan terbiasa dengan tas atau kandangnya

Biarkan hewan peliharaanmu terbiasa dengan tas atau kandangnya. Mungkin kamu bisa meletakkannya di ruang tamu dan biarkan hewanmu terbiasa bermain-mainya. Waktu yang dibutuhkan biasanya memakan satu atau dua bulan.

  1. Selalu jaga hewan anda meskipun hanya di dalam mobil

Anggaplah mereka juga merupakan bagian dari keluargamu sendiri, sehingga kamu juga peduli dan tetap menjaga mereka supaya mereka dalam kondisi yang aman

  1. Berikan olahraga ringan untuk hewan peliharaan

Berikan sedikit olahraga bagi hewan peliharaanmu sebelum bepergian. Waktu yang dibutuhkan bagi seekor anjing besar untuk berjalan-jalan adalah 30 menit. Sedangkan untuk mencegah terjadinya mabuk darat, berikan biscuit kecil dan batasi konsumsi air. Sebaiknya kamu tetap memberikan makan sebelum bepergian.

  1. Persiapkan bawang bawaan hewan peliharaan dengan baik

Kemas kebutuhan hewan, seperti makanan, mangkuk, tali, kantong plastik, dan perawatan medis lain. Jangan lupa untuk membawa mainan favoritnya atau bantal yang nyaman

Sumber :

http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20161027101807-269-168350/tujuh-aturan-bawa-hewan-peliharaan-berlibur/#

Posted Under
Uncategorized