Cara Membuat Itinerary Perjalanan

Cara Membuat Itinerary Perjalanan

Itinerary perjalanan yang kamu buat dapat menjadi acuanmu dalam memiliki tujuan, rencana anggaran serta daftar kegiatan yang jelas. Sehingga selama perjalanan kamu hanya perlu melakukan kegiatan yang sesuai dengan itinerary yang telah kamu buat. Jadi, bagaimanakah cara membuat itinerary perjalanan ?

  1. Tentukan destinasi kota, pulau dan negara yang akan kamu tuju

sumber : ku2h.com

Semakin berkembangnya social media, biasanya kamu bisa mendapatkan referensi tempat wisata. Di Instagram, biasanya kamu tinggal melakukan searching tempat yang kamu tuju dan banyak foto-foto yang berkaitan dengan tempat tersebut. Setelah kamu tentukan mau kemana saja, jangan lupa kamu harus menentukan mau berapa lama di tempat tersebut. Jangan terlalu memaksakan jadwal perjalanan jika ternyata fisikmu tidak mampu.

  1. Perbanyaklah membaca referensi atau travel web / blog yang berkaitan dengan destinasi yang kamu tuju

sumber : Bukuqu.com

Saat ini sudah banyak travel blogger yang mau dengan gambling mendeskripsikan tempat wisata yang sudah pernah mereka kunjungi. Dari situ kamu akan mengetahui apa,bagaimana dan kapan sebaiknya kita mengunjungi tempat tersebut.

  1. Carilah tempat penginapan yang sesuai dengan budgetmu. Gunakan aplikasi atau website travel untuk membandingkan harga

sumber : wisaz.com

Sesuaikan kebutuhan dan kemampuan dalam memilih tempat penginapan. Ingat, kamu pergi untuk traveling, bukan untuk tidur. Jadi pastikan sesuaikan tempat menginapmu sudah sesuai dengan tujuan dan kebutuhanmu. Carilah penginapan yang berlokasi strategis. Misalnya berada di pusat kota dan dekat dengan stasiun atau bandara. Kalau ingin lebih hemat, pilih penginapan yang menyediakan sarapan dengan biaya yang murah. Bandingkan harga dengan berbagai aplikasi pemesanan online. Biasanya, setiap aplikasi booking online menawarkan harga yang berbeda.

  1. Tentukan ingin makan apa dan dimana serta jangan sampai kamu lewatkan menu makanan khas tempat tersebut

sumber : sebandung.com

Jangan lupa untuk mencari tahu mengenai kuliner khas dari tempat yang kamu tuju. Usahakan untuk menyempatkan menyicipinya. Banyak social media seperti Instagram yang biasanya membahas mengenai kuliner di kota-kota tertentu.

  1. Perhatikan transportasi yang akan kamu gunakan selama melakukan perjalanan disana

sumber : yourstory.com

Pertimbangkan mobilitasmu untuk menuju tempat wisata yang kamu inginkan. Beruntunglah jika ternyata kamu memiliki relasi di tempat yang kamu tuju sehingga kamu bisa meminjam kendaraan mereka. Namun berbeda jika ternyata kita tidak memiliki relasi sama sekali disana. Kamu bisa menggunakan penyewaan sepeda motor per harinya untuk berkeliling. Atau kamu bisa menggunakan jasa travel untuk perjalananmu sehingga kamu tidak perlu bingung mengurusi kendaraan apa yang kamu gunakan.

  1. Hitunglah total pengeluaran yang akan kamu habiskan

sumber : uangteman.com

Budget merupakan hal vital yang harus kamu perhatikan. Mulai dari transportasi, penyewaan barang-barang yang kamu butuhkan, biaya tiket masuk, penginapan dan tentunya konsumsi yang kamu butuhkan selama perjalanan. Kamu harus mampu membagi dengan baik mana yang harus kamu prioritaskan dalam mengeluarkan uangmu.

Sumber :

http://phinemo.com/cara-membuat-itinerary-perjalanan/

Posted Under
Uncategorized