Daftar Pantai di Banyuwangi yang Indah

Daftar Pantai di Banyuwangi yang Indah

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten sekaligus kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Karena lokasinya ini pula, Banyuwangi menjadi kota transit bagi wisatawan yang akan menuju Balimelalui Pelabuhan Ketapang. Menjadi kota transit bukan berarti Banyuwangi tak punya keistimewaan sendiri. Pantai di Banyuwangi sangat menarik untuk anda kunjungi. Di lain kesempatan, cobalah luangkan waktu untuk menjejak kota ini lebih lama. Berikut adalah daftar pantai di banyuwangi yang bisa kamu kunjungi :

1.      Pantai Plengkung

Pantai Plengkung atau yang juga disebut dengan G-Land ini sangat populer di kalangan peselancar domestik dan mancanegara. Pantai Plengkung memiliki ombak yang sangat ideal untuk berselancar dan mendapat julukan The Seven Giant Waves Wonder. Hal ini dikarenakan ombak di tempat wisata ini berbentuk tujuh gulungan besar dengan ketinggian mencapai 6 meter. Ombak di pantai ini juga disebut sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii.

Saat terbaik untuk berselancar di Pantai Plengkung adalah antara bulan Juli – September, meskipun ombak di sini bagus sepanjang tahun. Jika tak membawa perlengkapan selancar, Anda bisa menyewanya di sini, jadi tak perlu repot membawanya dari rumah.

Jika Anda kurang tertarik dengan kegiatan berselancar, tak perlu khawatir. Suasana tenang dan jauh dari keramaian membuat tempat wisata ini cocok bagi Anda yang mendamba liburan yang berkualitas.

1.      Pantai Rajegwesi

sumber : www.wisatajatim.info
sumber : www.wisatajatim.info

Pantai yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran ini merupakan tempat wisata alamsekaligus sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berada di sini, Anda bisa menyaksikan keindahan pantai dan bunker sisa kejayaan bangsa Jepang di masa penjajahan.

Pantai Rajegwesi memiliki keunikan yang tak banyak dimiliki pantai-pantai lain. Pasir pantai berwarna kecokelatan dan sangat lembut. Hal ini dikarenakan pasir pantai bercampur dengan endapan lumpur yang terbawa air sungai saat banjir.

Selain keindahan alam dan nilai sejarahnya, Anda juga bisa melihat kehidupan masyarakat sekitarnya. Sebagian besar masyarakat sekitar tempat wisata di Banyuwangi ini berkerja sebagai nelayan. Anda bisa melihat perahu nelayan yang ‘diparkir’ di bagian barat pantai, sedangkan bagian timur dibiarkan lapang untuk tempat penyu bertelur.

2.      Pantai Watu Dodol

sumber : www.panoramio.com
sumber : www.panoramio.com

Pantai Watu Dodol bisa dengan mudah Anda temukan jika Anda dalam perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang dari Jember dan sekitarnya. Lokasi pantai ini ditandai dengan bongkahan batu besar di tengah jalan dan patung Gandrung atau penari khas Banyuwangi.

Pantai Watu Dodol berada di poros Banyuwangi – Situbondo dan hanya berjarak sekitar 2 km dari Pelabuhan Ketapang. Hal ini membuat Anda dapat melihat kapal ferry lalu lalang antara Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Banyuwangi.

Selain itu, Anda bisa menyaksikan keindahan tempat wisata ini dari bukit yang berada di dekat pantai. Untuk urusan kuliner, Anda tak perlu khawatir karena terdapat banyak warung makan di sini yang siap memuaskan lidah dan perut Anda.

3.      Teluk Hijau

sumber : radiksacepek28.wordpress.com
sumber : radiksacepek28.wordpress.com

Teluk Hijau atau Green Bay tak hanya menarik di namanya saja. Teluk ini benar-benar memiliki air yang jernih kehijauan dan sangat menakjubkan. Tempat wisata di Banyuwangi yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan dikelilingi hutan tropis. Banyak kegiatan bisa Anda lakukan di sini seperti berenang, snorkeling, bermain pasir dan memancing.

4.      Pantai Pulau Merah

sumber : www.initempatwisata.com
sumber : www.initempatwisata.com

Pantai Pulau Merah disebabkan adanya sebuah bukit tak jauh dari bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Anda bisa berjalan mendekat ke bukit saat air sedang surut. Bukit ini tertutup pohon dan semak hijau dan hanya terlihat sedikit semburat merah saat senja.

Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Pesanggaran ini memiliki sebuah pura Hindu degan nama Pura Tawang Alun. Pura ini kerap digunakan sebagai lokasi ritual pada saat-saat tertentu oleh umat Hindu yang tinggal di sekitar Pantai Pulau Merah. Penginapan juga sudah banyak tersedia di sekitar pantai bagi Anda yang tak cukup menikmati tempat wisata ini dalam waktu sehari.

Beragam kegiatan bisa Anda lakukan di sini mulai dari berselancar dan hunting foto. Untuk kegiatan berselancar, pantai sepanjang 3 km ini memiliki ombak yang ideal bagi peselancar pemula

5.      Pulau Tabuhan

sumber : sedayat.blogspot.com
sumber : sedayat.blogspot.com

Pulau yang tidak berpenghuni ini berada di 20 km dari pusat kota Banyuwangi, dengan luas pantai sekitar 5 hektar, pulau ini terletak di antara pulau Bali dan Pulau Jawa. Berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.
Tabuhan merupakan pulau eksotis, pulau ini diselimuti oleh pasir putih yang indah. Di bawah lautnya anda bisa menemukan Coral dan beberapa biota laut yang menghiasi keindahan bawah lautnya. Selain pemandangan yang indah, pulau ini menjadi surga baru bagi pecinta olahraga air ekstrim yaitu kitesurfing dan Windsurfing.

6.      Pantai Boom

sumber : travel.kompas.com
sumber : travel.kompas.com

Letaknya yang berada di pusat kota banyuwangi membuat pantai boom menjadi salah satu destinasi yang mudah untuk dikunjungi. Anda bisa menggunakan sepeda atau berjalan kesana jika posisi anda berada di alun alun blambangan.
Pantainya yang berpasir hitam yang bersih tidak kalah dengan pantai yang berpasir putih, ditambah dengan latarbelakang pulau Bali yang bagus ini. selain bisa menikmati keindahan pantai pengunjung juga bisa mencoba fasilitas – fasilitas yang tersedia di pantai boom seperti payung teduh dan berkuda.
Selain sebagai destinasi wisata andalan Banyuwangi, pantai boom juga sering dijadikan tempat penyelenggaraan event besar seperti tarian kolosal gandrung yang ditarikan oleh 1000 lebih penari gandrung yang bertajuk Sewu Gandrung dan Banyuwangi Beach Jazz Festival adalah event JAZZ pantai pertama dan satu – satunya di Indonesia yang diadakan di Pantai Boom Banyuwangi.

7.      Wedi Ireng

sumber : www.banyuwangibagus.com
sumber : www.banyuwangibagus.com

pantai wedi ireng merupakan replika kecil dari raja ampat di papua karena sejauh mata memandang akan terlihat tebing tebing yang memutari pulau, Disana juga terdapat pulau pulau kecil. Pantai ini masih tergolong asri, itu terlihat dari medan yang dilalui. Jika anda melalui jalur darat anda akan melewati medan yang sangat berat dan susah karena anda harus melewati hutan dengan jalan yang berlumpur. Anda juga harus mendaki sampai ke ujung bukit lalu menuruninya. Namun percayalah, perjalanan anda tidak akan sia sia jika sudah sampai ke di pantai. Air lautnya yang masih jernih dan berwarna biru serta bibir pantai yang dikelilingi pepohonan hijau memberikan suasana teduh.
Dalam bahasa jawa arti dari pantai wedi ireng adalah pantai pasir hitam namun kenyatanyaannya pasir disini paling dominan adalah pasir putih. Deretan karang di tepi Pantai semakin menambah pesonanya. Di salah satu sisi Pantainya terdapat sebuah batu berukuran sangat besar yang menjadi landmark Pantai Wedi Ireng ini.

8.      Bangsring Under Water (Bunder) / Rumah Apung

sumber : www.youtube.com
sumber : www.youtube.com

Bangsring Underwater. Pantai yang terletak di dusun krajan, desa bangsring, kecamatan wongsorejo ini memiliki keindahan bawah laut yang indah. Pantai ini sangat cocok bagi anda pecinta olahraga snorkeling . Pengunjung bisa menikmati keindahan biota dan tanaman laut yang lumayan bagus.
Selain terumbu karangnya yang indah, disini juga ada ikan hias yang menghiasi perairan di Bangsring Underwater. Mereka berenang menari nari diatas coral yang ada disini. Coral disini tebagi menjadi dua, yaitu soft coral dan hard coral yang masih terjaga dengan baik. Dan menjadi tanaman yang indah bagi 500 jenis ikan hias perairan ini. Namun dari 15 spesies yang tersebar dalam perairan ini, yang paling banyak diminati adalah jenis angel. Dan yang paling banyak diburu adalah ikan jenis betok. Stoknya yang melimpah membuat jenis ikan betook dibutuhkan dalam jumlah yang banyak.

9.      Sukamade

sumber : www.triptrus.com
sumber : www.triptrus.com

Berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB),Pantai Sukamade merupakan salah satu dari Triangle Diomond Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk mencapai pantai ini memang penuh dengan perjuangan karena kawasan Sukamade Dikenal memiliki Jungle track yang sangat esktrem dengan pemandangan alam yang masih sangat dan eksotis.

Suasana yang tenang,hutan tropis alami Pantai sukamade menjadi tempat favorit bagi para penyu mendarat dan bertelur, pantai ini juga disebut sebagai istana penyu karena banyaknya penyu yang mendarat di pantai ini, bahkan dari 6 penyu yang ada di dunia 4 diantaranya mendarat disini yaitu Penyu Slengkrah, Penyu Belimbing , Penyu Sisik dan penyu hijau.
Banyaknya penyu yang mendarat dan bertelur, menjadikan pantai sukamade sebagai tempat penangkaran telur penyu dan melepaskannya kembali ke habitatnya setelah tukik – tukik yang menetas siap untuk dilepaskan. wisatawan tak hanya bisa melihat saja, anda juga bisa turut serta dalam pelepasan tukik. untuk melihat tukik – tukik bertelur wisatawan harus menunggu hingga malam hari karena biasanya tukik mendarat di pantai sekitar jam 19.30. sekali bertelur tukik – tukik ini bisa menghasilkan telur hingga ratusan dan akan kembali ke laut pada jam 24.00 . penyu – penyu ini tidak setiap hari mendarat di pantai ini hanya pada bulan – bulan tertentu. penyu betina akan sering mendarat saat bulan november.

10.  Pantai Mustika

sumber : www.banyuwangibagus.com
sumber : www.banyuwangibagus.com

Keistimewaan dari pantai mustika adalah pantainya masih bersih dan alami, selain itu panjang pantai hampir mencapai 2 KM membentuk setengah lingkaran dan ditengah tengahnya ada pulau mustaka. Rencananya pantai mustika akan dibagi menjadi dua bagian yaitu public dan private agar semua kalangan bisa menikmati. Hal ini dilakukan karena permintaan wisatawan menengah keatas yang menginginkan duduk santai dan ngopi dengan suasana yang tenang.
Ombak di pantai mustika tidak terlalu besar, cukup aman bagi anda yang mengajak anak anaknya bermain di pinggir pantai atau berenang di pantainya. Disekitar pantai banyak ditumbuhi pohon kelapa yang membuat suasana menjadi sejuk. Disini juga disediakan meja dan kursi agar pengunjung bisa duduk santai dan menikmati indahnya sunrise.

11.  Blue Bay / Teluk Biru

sumber : www.asliindonesia.net
sumber : www.asliindonesia.net

Teluk yang satu ini berbeda dengan green bay. Jika green bay mempunyai keindahan pasir putih dan warna air lautnya yang kehijauan. Kalau Blue Bay mempunyai keindahan bawah laut yang indah.
Teluk Blue Bay salah satu alternative snorkeling di banyuwangi selain pantai bama di baluran atau pulau tabuhan. Keindahan bawah laut Blue Bay tidak kalah dengan kedua wisata diatas. Laut disini juga masih asri dan belum terekpose, terbukti dari warna lautnya yang biru jernih. itulah kenapa teluk ini dinamakan teluk biru atau Blue Bay.

12.  Pantai Parangkursi

sumber : www.banyuwangibagus.com
sumber : www.banyuwangibagus.com

Asal usul nama Parang Kursi dikarenakan adanya karang besar yang berbentuk seperti kursi. Akhirnya bupati Abdullah azwar anas meresmikan nama pantai ini menjadi pantaiParang Kursi. Ada mitos di balik karang besar yang ada di bibir pantai Parang Kursi. Konon, nyi roro kidul muncul ke dunia ini dari dunia jin di tempat ini. Anehnya air yang menyembur di batu ini rasanya tidak asin, melainkan tawar.
Keindahan pantai Parang Kursi diantaranya adalah air lautnya yang sangat jernih, pasirnya yang putih kemerah merahan, dan hijaunya lumut yang menempel di batu karang, serta karang karang besar yang tersusun secara rapi membuat pantai ini terlihat indah. Keasrian alamnya yang masih perawan membuat suasana menjadi tenang. Di iringi oleh desiran ombak pantai yang menyembur di atas batu karang.
Pantai Parang Kursi terletak di kecamatan pesanggaran banyuwangi. Dan berada di antara pulau merah dan pantai lampon. Akses menuju pantai ini cukup ekstreme karena pantai ini masih alami sehingga tidak ada jalan yang memadai. Anda akan melewati semak belukar, hutan, bukit yang terjal dan area tambang emas yang tandus. kendaraan khusus seperti motor trail bisa mempermudah perjalanan anda di track ini.

13.  Pantai Grajagan

sumber : tempatberwisatamurah.com
sumber : tempatberwisatamurah.com

Pantai grajagan merupakan salah satu pantai yang sangat fenomenal pada jaman dahulu kala sampai – sampai dijadikan sebuah lagu. salah satu baitnya berbunyi “Grajagan Banyuwangi, raino bengi yoo sing tau sepi” yang berarti “Grajagan Banyuwangi, Setiap Malam tidak pernah sepi”. hal ini menunjukkan bahwa pantai grajagan dulunya sangatlah banyak pengunjungnya. namun pada saat ini pesonanya kalah dengan pantai Pulau Merah ataupun Teluk Hijau.

Pantai yang terletak di desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo ini memiliki pasir berwarna hitam dan luas. disana terdapat gua dan bukit yang sangat indah, disaat berada di pantai Grajagan anda akan melihat hamparan pantai yang luas dengan ombak laut lepas serta bukit yang menjulang tinggi. di pantai ini juga terdapat dua goa peninggalan tentara jepang pada perang dunia ke dua.

Sumber :

http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-banyuwangi-yang-wajib-dikunjungi/

http://www.asliindonesia.net/2015/08/25-info-wisata-lengkap-di-banyuwangi.html

Posted Under
Uncategorized