Dampak Yang Kamu Rasakan Ketika Harga Tiket Mendaki Gunung Semakin Mahal

Dampak Yang Kamu Rasakan Ketika Harga Tiket Mendaki Gunung Semakin Mahal

Fenomena meningkatnya harga tiket pendakian gunung sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa tahun belakangan. Namun, hal yang sangat menghebohkan mengenai kenaikan harga tiket yang sangat derastis terjadi di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan yang menurut info di internet, pengelolanya sudah berpindah ke pihak swasta. Sudah tidak mengherankan lagi jika pihak swasta menguasai suatu objek wisata tertentu, maka pasti akan lebih mahal jika dibandingkan dengan pemerintah. Berikut adalah dampak yang kamu rasakan ketika harga tiket mendaki gunung semakin mahal :

Dampak positif :

  1. Mahalnya harga tiket pendakian (mudah-mudahan) akan meningkatkan kualitas pengelolaan kawasan gunung, serta pelayanan yang lebih baik terhadap pengunjung

    sumber : www.dailymail.co.uk

Biasanya, semakin mahal konsumen membayar akan suatu layanan tertentu, maka penyedia layanan tersebut akan berusaha semaksimal mungkin untuk benar-benar memberikan kepuasan fasilitas serta layanan untuk konsumen. Jadi tidak semata-mata untuk keuntungan yang lebih tinggi saja namun tetap mengutamakan kualitas pelayanan yang lebih baik.

  1. Mahalnya harga tiket pendakian bisa jadi langkah untuk mengurangi jumlah pendaki demi meminimalisir dampak buruk terhadap ekosistem kawasan gunung

sumber : travel.kompas.com

Semakin populernya social media membuat informasi sebuah tempat wisata menjadi cepat menyebar kemana-mana, salah satunya adalah kepopuler trip untuk mendaki gunung. Namun sisi lain yang perlu diperhatikan jika semakin banyak pengunjung yang mendatangi suatu tempat maka bisa dipastikan tempat tersebut akan lebih cepat terkena dampak kerusakan karena pengunjung-pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Dengan meningkatnya biaya tiket masuk pendakian, maka jumlah pengunjung akan lebih bisa ditekan dan diturunkan. Sehingga akan memberikan dampak positif untuk upaya pelestarian dan konservasi alam di sekitar gunung.

  1. Meningkatnya harga tiket tentu saja akan berbanding lurus dengan pemasukan negara dari sisi sector wisata

sumber : pattifagan.com

Dengan meningkatnya harga tiket masuk, maka diharapkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengunjung juga akan semakin baik. Dengan adanya kualitas dan fasilitas wisata yang baik, maka pengunjung tidak akan segan untuk datang kembali atau mempromosikan tempat tersebut kepada orang lain. Sehingga diharpkan pendapatan dari sector wisata untuk daerah pun akan semakin meningkat.

Dampak negative :

  1. Para pendaki dengan budget tipis tak bisa bebas memilih untuk mendaki gunung-gunung yang memiliki tiket masuk dengan biaya tinggi

sumber : bisniskeuangan.kompas.com

Buat kamu yang masih memiliki budget tipis untuk mendaki gunung, ada baiknya jika kamu sedikit bersabar untuk hobimu tersebut. Tabunglah sedikit demi sedikit uangmu untuk biaya mendaki yang mungkin biaya yang harus kamu keluarkan saat ini sudah tidak semurah dahulu.

  1. Semakin tinggi biaya yang dikeluarkan oleh konsumen, maka biasanya mereka akan menuntut layanan yang memuaskan

sumber : www.pondoksalam.co.id

Hal tersebut memang wajar. Jadi jika pengelola menuntut harga mahal namun ternyata konsumen tidak mendapatkan fasilitas yang serupa, maka konsumenpun jadi enggan berkunjung kembali. Sebagai konsumen, kita jadi punya banyak hak untuk menuntut pelayanan yang baik dari pihak pengelola. Jika pihak pengelola tidak bisa memenuhi tuntutan tersebut, bisa dipastikan para pengunjung akan melemparkan kekesalannya kepada pihak pengelola. Dengan semakin mudahnya akses informasi, hal ini bisa berdampak buruk pada citra pihak pengelola gunung.

  1. Selain itu, ada kemungkinan jumlah pendaki juga akan menurun sehingga akan mengurangi pemasukan negara dan masyarakat dari sisi wisata

sumber : blog.tokopedia.com

Mungkin semakin naiknya harga tiket tidak akan serta merta begitu saja menurunkan jumlah pengunjung jika ternyata uang yang dikeluarkan oleh konsumen adalah untuk perbaikan kualitas fasilitas dan layanan wisata. Tempat wisata tersebut memang harus selektif memilih dan memfilter pengunjung yang berpotensi untuk merusak tempat wisata dengan cara menaikkan harga tiket masuk tersebut. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, percayalah bahwa wisatawan akan tetap datang jika pelayanan yang diberikan oleh tempat wisata tersebut mampu memuaskan para konsumennya.

Sumber :

http://www.bluetripper.com/2016/08/harga-tiket-pendakian-gunung-mahal.html

Posted Under
Uncategorized