Hindari Kebiasaan Buruk saat Melakukan Charging Smartphone

Hindari kebiasaan buruk saat melakukan charging smartphone

Saat ini, intensitas penggunaan smartphone yang semakin meningkat menuntut pengguna harus semakin cerdas dalam perawatannya. Hal tersebut bertujuan agar smartphone yang kita miliki bisa tetap awet dan dalam kondisi yang terus prima. Salah satu perawatan yang harus diperhatikan adalah saat kamu melakukan charging terhadap smartphone. Berikut adalah kebiasaan buruk yang harusnya kamu hindari saat melakukan charging smartphone :

  1. Stop kebiasaan menggunakan powerbank dan usb via laptop

Charger smartphone kita di desain sedemikian rupa sehingga ia mampu mengalirkan daya listrik yang stabil. Hal tersebut berbeda jika kamu menggunakan powerbank ataupun usb via laptop yang tidak mampu mengalirkan daya yang stabil dan sesuai dengan spesifikasi smartphone. Hal tersebut didukung dengan semakin banyaknya powerbank yang tidak memiliki kualitas yang rendah. Namun, kamu tetap boleh menggunakannya selama darurat.

  1. Stop membiarkan smartphonemu di charge semalaman

Sebenarnya ini adalah hal yang patut kita waspadai, dimana kita melakukan charge pada smartphone kita dalam waktu yang lama. Memang, saat ini smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan fitur overcharge protection, namun ternyata jika hal tersebut terus menerus dilakukan dapat mengurangi kemampuan baterai itu sendiri. Karena jenis mayoritas baterai yang kita gunakan saat ini adalah jenis lithium-ion yang ternyata memiliki charge cycle.

  1. Stop membiarkan baterai smartphonemu benar-benar habis atau dibawah standar yang dibatasi

Tentunya hal tersebut dapat menyebabkan ketahanan baterai akan perlahan menurun. hal tersebut dikarenakan, jika baterai dalam keadaan kososng, sel baterai akan “tidur” dan jika tidak cepat-cepat “dibangunkan” maka kemungkinan buruk yang terjadi adalah smartphonemu tidak dapat menyerap daya dari charger. Berdasarkan riset, pengusuan daya terbaik saat berada di bawah angka 40% yaitu sekitar 15 hingga 35%.

Sumber :

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/05/stop-4-kebiasaan-nge-charge-smartphone-seperti-ini/1

Posted Under
Uncategorized