Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memotret dengan Smartphone

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memotret dengan Smartphone

Saat ini, hampir semua smartphone dibekali dengan fitur kamera canggih demi memuaskan pengguna smartphone tersebut. Tidak heran jika posisi kamera pocket sedikit bergeser dengan fitur kamera yang developer tawarkan melalui smartphone canggih yang mereka ciptakan. Namun ternyata untuk segi kemampuan dan kehandalan smartphone masih kurang jika disbanding alat canggih lainnya yang difungsikan untuk memotret seperti kamera pocket ataupun DSLR. Berikut adalah kesalahan yang sering dilakukan saat memotret dengan smartphone :

  1. Berharap pada zoom

Beberapa smartphone memang memiliki kemampuan zoom yang cukup bagus, namun secara umum jika kamu hanya mengandalkan memotret pada zoom yang dimiliki oleh smartphone, hal tersebut merupakan ide buruk. Biasanya jika kita menggunakan zoom pada kamera smartphone, hasilnya akan blur, pecah dan jauh dari apa yang kita harapkan.

  1. Tangan goyang

Tangan yang goyang merupakan kesalahan yang paling sering terjadi yang dilakukan para pengguna smartphone yang ingin memotret. Biasanya kita merasa bahwa smartphone yang ringan dapat kita pegang dengan 1 tangan saja untuk memotret, namun ternyata hal tersebut perlu kamu piker kembali. Usahakan untuk selalu memegang smartphone dengan 2 tangan dengan posisi salah satu tangan menyangga tangan dan yang lainnya ada pada bagian siku.

  1. Langsung bergerak setelah selesai memotret

Hal yang sering dilakukan pengguna smartphone setelah memencet shutter adalah langsung berpindah. Hal tersebut biasanya akan menyebabkan hasil gambar tidak maksimal (bisa blur, tidak focus dan sebagainya). Kamu harus lebih sabar saat memotret suatu objek.

  1. Bergantung pada filter

Canggihnya foto menggunakan smartphone saat ini, tidak lepas pula dari filter foto di aplikasi-aplikasi yang ada pada smartphone. Tapi kamu seharusnya tidak melupakan komposisi foto supaya hasil jepretanmu semakin menarik.

  1. Menggunakan mode yang sama pada kondisi apapun

Berbeda dengan DSLR yang memiliki berbagai mode untuk kondisi yang berbeda-beda, smartphone biasanya hanya memiliki beberapa mode tertentu. Namun jarang pula pengguna yang mengerti settingan mode tersebut. Sehingga mau kondisi gelap maupun terang, pengguna akan tetap menggunakan mode auto yang ada pada kamera smartphone.

Sumber :

http://phinemo.com/5-kesalahan-umum-saat-memotret-menggunakan-smartphone/

Posted Under
Uncategorized