Kota Wisata Batu

Kota Wisata Batu

 

Jatim-Park-Wahana-Wisata-Terbaru-Di-Kota-Batu-Malang1
sumber : www.agentwisatabromo.com

Kawasan Kota Wisata Batu Malang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata Jawa Timur yang disukai banyak kalangan penikmat perjalanan. Ada banyak kegiatan dan objek wisata menarik di Batu Malang. Anda dapat menjumpai suguhan wisata alam yang menarik di sana hingga aneka wisata sejarah, agrowisata, wisata kuliner, dan lain-lain.

Tahukah Anda, Batu dan Malang adalah laksana dua sisi mata uang dalam lanskap pariwisata Jawa Timur. Wisatawan yang datang ke Batu atau Malang selalu akan singgah di kedua daerah tersebut. Malang memiliki 2 wilayah administratif pemerintahan, yaitu Kotamadya Malang dan Kabupaten Malang. Sementara kota Batu adalah sebuah kotamadya yang berjarak sekitar 15 km dari kota Malang. Saat ini, Batu dinamakan secara resmi dengan sebutan Kota Wisata Batu.

sumber : satpolpp.batukota.go.id
sumber : satpolpp.batukota.go.id

Di masa lampau, daerah Batu merupakan tempat peristirahatan bagi keluarga raja. Hal ini sungguh tak jauh berbeda dengan objek wisata Kaliurang di kaki Gunung Merapi Jogjakarta. Batu memiliki udara yang sungguh sejuk serta mempunyai panorama alam yang menawan. Hal ini lumrah mengingat daerah Batu dikellilingi enam buah gunung. Di Batu, terdapat banyak sumber mata air alami yang mengalir dari pegunungan. Pada awal abad ke-19, daerah Batu telah bertransformasi menjadi salah satu tujuan wisata orang-orang Belanda. Di masa itu, daerah ini terkenal dengan sebutan “De Klein Switzerland” atau Swiss kecil di Pulau Jawa.

Nama Batu sendiri menurut kisah lokal berasal dari seorang ulama pengikut Pangeran Diponegoro yang bernama Abu Ghonaim atau disebut sebagai Kyai Gubug Angin, yang selanjutnya masyarakat setempat akrab menyebutnya dengan panggilan Mbah Wastu. Untuk mempersingkat penyebutan nama ulama ini, masyarakat kerap memanggilnya Mbah Tu, yang kemudian menjadi sebutan Mbatu.

sumber : www.kabarmaya.com
sumber : www.kabarmaya.com

Daerah wisata Batu Malang ini berada pada ketinggian 680 meter sampai 1200 meter dpl, memiliki suhu berkisar dari 15 hingga 19 derajat celcius. Juga, letaknya yang mudah diakses dari berbagai rute perjalanan di Jawa Timur. Inilah sebab mengapa kawasan ini disukai banyak kalangan penikmat perjalanan sebagai salah satu tempat berakhir pekan di Jawa Timur terfavorit.

 

Sumber :

http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/malang/kota-wisata-batu-malang-terfavorit-di-jawa-timur/2993/

http://dwishuhuf.blogspot.co.id/2013/12/daftar-tempat-wisata-di-malang-dan-kota-batu.html

Posted Under
Uncategorized