Lokasi Gunung Bromo

Lokasi Gunung Bromo

gunung bromo
gunung bromo

Bromo, sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Selalu teringat akan sebuah nama gunung. Ada yang mengenalnya sebagai Gunung berapi, kawah aktif, dan wisata alam. Tapi adakah yang benar-benar mengetahui dimanakah lokasi dari Bromo?.

Pertanyaan tsb sering muncul ketika akan berlibur ke Bromo. Gunung Bromo, Jawa Timur, menempati sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, dan Malang. Luas daerah kurang lebih 40km dan utara ke selatan; 20-30 km dan timur ke barat, di atas ketinggian antara 1000m – 3675 m. Gunung Bromo juga termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS).

sumber : www.google.com/maps/
sumber : www.google.com/maps/

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan sekumpulan beberapa pegunungan yang berada dikawasan kab. Pasuruan, kab. Malang, kab. Lumajang dan kab. Probolinggo. Taman dengan luas wilayah 50.276,3Ha tsb ditetapkan sejak tahun 1982. Gn. Bromo salah satu gunung yang berada di TNBTS, beserta pegunungan lainnya yaitu, Gn. Batok, Gn. Widodaren, Gn. Watangan dan Gn. Kursi.

kawah gunung bromo
kawah gunung bromo

Ada banyak akses yang dapat ditempuh bila ingin menuju wisata Bromo. Dari paket wisata bromo yang kami tawarkan berawal dari kota Surabaya. Ada beberapa pilihan untuk menuju Bromo, yaitu pertama dapat melalui kota Pasuruan dan melalui kota Probolinggo. Untuk jalur melalui kota Pasuruan, traveler akan melewati Desa Tosari dilanjutkan ke Wonokitri hingga sampai Gunung Bromo. Namun bila melalui kota Probolinggo, traveler akan melalui Desa Sukapura dilanjutkan ke Cemara lawang hingga sampai Gunung Bromo. Mayoritas akses yang digunakan yaitu dari Surabaya melalui Sidoarjo, Bangil dan Pasuruan/Probolinggo dengan waktu perjalanan kurang lebih 3-4 jam.

Posted Under
Uncategorized