Penanjakan Bromo

Penanjakan Bromo

Salah satu destinasi ketika ke gunung Bromo adalah menikmati indahnya sunrise. Keindahan sunrise tersebut dapat dinikmati sekitar pukul 04.30 pagi hingga sekitar pukul 05.30 pagi saja. Tentu saja sunrise akan lebih indah jika cuaca sedang cerah / tidak ada awan mendung yang menutupi. Sehingga ada baiknya jika anda ke gunung bromo sekitar bulan april-mei. Saat akan memasuki musim kemarau, kondisi bromo sangatlah indah. Selain kamu akan mendapatkan momen sunrise yang menakjubkan, kamu dapat menikmati indahnya padang rumput luas yang masih hijau. Jika sudah kemarau panjang seperti saat ini, kondisi rumput sekitar bukit teletubis akan kering dan berwarna kuning.

Jalan menuju penanjakan
Jalan menuju penanjakan

Gunung Bromo sendiri memiliki dua lokasi penanjakan yang digunakan untuk menikmati momen sunrise. Penanjakan  1 berada di ketinggian 2.770 mdpl. Lokasi ini hanya bisa dilalui dengan mobil jeep / sepeda motor trail / mobil dual gardan karena kondisi jalan yang memiliki tanjakan dan belokan yang cukup curam. Biasanya kita akan diminta para driver untuk siap pada pukul 03.00 pagi dari lokasi penginapan warga di daerah cemoro lawang. Dari lokasi penanjakan  1 ini akan terlihat gunung bromo, gunung batok, gunung kursi dan gunung semeru.

kondisi di penanjakan 1 bromo
kondisi di penanjakan 1 bromo

Sedangkan untuk penanjakan  2, lokasi ini memiliki medan yang lebih berat dibanding lokasi penanjakan  1. Spot sunrise penanjakan  2 ini berada di desa Seruni, Sukapura. Lokasi penanjakan bromo 2 berada lebih bawah dibanding penanjakan bromo 1. Sehingga jarang wisatawan yang menuju lokasi penanjakan bromo 2 ini. Biasanya lokasi ini hanya dikunjungi jika lokasi penanjakan  1 sangat penuh. Spot ini memang tidak se-famous penanjakan  1 karena selain lokasi tersebut, daya tampungnya juga lebih sedikit dibanding penanjakan  1.

penjual makanan di penanjakan bromo
penjual makanan di penanjakan bromo

Di penanjakan bromo 1 ini kamu bisa menikmati jagung bakar atau makanan lain dan kopi / hangat sambil menunggu sunrise. Tapi ada baiknya jika anda segera menuju spot sunrise untuk mengambil posisi tepat untuk mengambil gambar mengingat banyaknya orang yang juga menikmati sunrise tersebut. Jangan lupa gunakan jaket tebal, sarung tangan dan topi untuk menghangatkan tubuh anda karena angin dan suhu di penanjakan ini cukup dingin. Apalagi pada musim kemarau, suhu akan semakin menusuk tulang.

Sumber :

http://www.bromomalangtravel.com/2014/11/perbedaan-penanjakan-1-dan-penanjakan-2.html

http://wisatabromo.com/penanjakan-1-gunung-bromo/

Posted Under
Uncategorized