Pesona Gunung Semeru

Pesona Gunung Semeru

Dari sekian gunung yang terdapat di pulau Jawa, gunung semeru adalah gunung tertinggi yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Selain puncaknya, gunung semeru juga memiliki pesona-pesona lain yang tidak kalah menarik dan mampu menarik minat wisata domestik atau luar negeri untuk mencicipi indahnya gunung semeru ini. Keberadaan gunung ini juga semakin ngetrend karena rilisnya film 5cm yang mampu membius penonton dengan indahnya pemandangan gunung semeru. Berikut adalah penjelasan mengenai pesona gunung semeru :

  1. Ranu Kumbolo
sumber : equator-indonesia.com
sumber : equator-indonesia.com

Lokasi Ranu Kumbolo berada di ketinggian 2400 mdpl. Ranu Kumbolo kerap menjadi tempat beristirahat para pendaki. Air yang berada di ranu kumbolo bisa digunakan sebagai bekal air minum untuk dibawa ke pendakian selanjutnya. Momen terbaik ketika berada di danau ini adalah ketika sunrise atau sunset karena terdapat efek pantulan cahaya kuning keemasan pada permukaan air danau.

  1. Tanjakan Cinta
sumber : www.jalanpendaki.com
sumber : www.jalanpendaki.com

Terdapat mitos mengenai tanjakan cinta ini, yaitu seseorang yang mendaki tanjakan cinta ini tidak boleh menoleh kebelakang ketika mendaki karena ia akan dianggap gagal mendapatkan cinta yang diharapkannya. Terkesan mudah memang, tapi pada nyatanya banyak pendaki yang harus duduk menghadap belakang (menghadap ranu kumbolo) untuk beristirahat saat mendaki tanjakan cinta ini.

  1. Oro-oro Ombo
sumber : ardhy-muhammad.blogspot.com
sumber : ardhy-muhammad.blogspot.com

Di sini kamu akan menemui padang bunga lavender berwarna ungu yang sangat luas, indah dan menakjubkan. Keberadaan padang bunga lavender di gunung semeru ini sangatlah unik karena tidak ada gunung-gunung lain di Indonesia yang memiliki tempat seperti ini. Sangat sayang jika kamu tidak mengabadikan momen mendakimu disini.

  1. Kalimati
sumber : arsiyawenty.wordpress.com
sumber : arsiyawenty.wordpress.com

Kalimati adalah tempat kedua yang biasanya digunakan pendaki untuk menginap. Sekeliling kalimati terdapat padang rumput dan bunga edelweis, sehingga tidak kalah indah juga dibanding tempat-tempat sebelumnya. Lokasi kalimati tidak jauh dari puncak mahameru sehingga dari tempat ini kamu juga bisa melihat puncak mahameru dan menyaksikan letupan kawah Jonggring Saloka yang menghembus ke langit.

  1. Puncak Mahameru
sumber : ariefungu.wordpress.com
sumber : ariefungu.wordpress.com

Sebenarnya pihak Gunung Semeru hanya membolehkan para pendaki untuk mencapai kalimati saja karena lokasi puncak mahameru yang sangat rawan dan cukup berbahaya. Namun indahnya pemandangan puncak mahameru terkadang mampu mengalahkan peringatan tersebut. Pendaki diharapkan untuk selalu waspada saat melakukan pendakian puncak mahameru karena kemungkinan adanya guguran batu yang mampu menghantam para pendaki kapan saja.

Sumber : http://www.yukpiknik.com/artikel/tempat-menarik-di-gunung-semeru/

http://www.wego.co.id/berita/5-pesona-gunung-semeru-malang/

Posted Under
Uncategorized