Review Pulau Tabuhan Banyuwangi

Review Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan terletak di sebelah Utara Banyuwangi tepatnya terletak di sebelah utara desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo. Pasti asing didengar, Pulau ini masih cukup original, meskipun banyak wisatawan asing yang sering berkunjung kesini untuk olahraga Selancar Angin. Pulau ini seluas kurang lebih 50 Hektar sekitar kurang lebih 30-45 menit jalan kaki mengitari pulau ini dengan santai.

sumber : sedayat.blogspot.com
sumber : sedayat.blogspot.com

Untuk menuju pulau ini bisa dari desa Bangsring, ataupun pantai watu dodol. Waktu yang diperlukan untuk menuju pulau ini kurang lebih 45 menit sampai dengan 1 jam. Perahu yang digunakan bisa muat sampai dengan kurang lebih 7 – 10orang, dengan biaya kurang lebih 350-500ribu. Bagi yang mabuk laut sangat disarankan sebelum menaiki kapal minum obat, agar tidak mabuk dan kondisi tubuh melelmah, di karena kan ombak laut menuju pulau ini cukup besar, apalagi ketika waktu musim ombak besar.

Pasir Pantai di Pulau Tabuhan berwana putih ini bercampur dengan kerang kecil kecil, sehingga kadang ketika kita berjalan di sepanjang pantai ini akan terasa sakit jika mengenai kerang atau karang kecil yang tajam. Pohon di pulau Tabuhan ini tidak cukup rimbun, jadi bisa menjadi spot gosong jika kita berada dipulau ini. Selain pantai yang berpasir putih, pantai ini juga terdapat menara mercusuar.

Selain kita bisa bermain di Pasir pantai ini, kita juga bisa bersnokling ria disini. Mungkin Spot yang bagus tidak dipinggir pantai melainkan sedikit agak ke tengah. dan berhati hati menginjak karang disini, karena palung laut di Pulau Tabuhan ini cukup jauh, selain itu cukup dangkal, sekitar kurang lebih 130 cm kedalaman lautnya. Jika kalian beruntung, kalian dapat melihat ikan ikan hias mengelilingi Pulau Tabuhan ini, tetapi kalian juga harus berhati hati terhadap Bulu babi, karena disini cukup banyak.

sumber : www.mongabay.co.id
sumber : www.mongabay.co.id

Untuk kalian yang hobi ber-snokling ria, minta kepada guide perahunya agar dicarikan tempat snorkling yang bagus (agak ditengah), jadi kalian bisa melihat keindahan biota lautnya. Untuk yang ditepi mendekati pantai, karang – karang banyak yang rusak. Dan disini tidak terdapat air tawar, jadi dipersiapkan bekal air tawar dan air minum, serta jika ingin bermalam disini mempersiapkan kebutuhan yang lengkap, agar tidak kekurangan, karena jika kalian menginap disini, perahu akan pulang, dan keesokan harinya baru akan dijemput. Pulau Tabuhan ini sebagai alternatif sebagai pilihan untuk Pulau Menjangan Bali.

Sumber :

http://ujungkeujung.blogspot.co.id/2014/12/pulau-tabuhan-banyuwangi.html

https://annisasays.wordpress.com/2015/03/18/pasir-putih-pulau-tabuhan-banyuwangi/

Posted Under
Uncategorized