Tips Aman Bermain di Pantai

Tips Aman Bermain di Pantai

Pantai terlihat sangat mengasyikkan dan menyenangkan, banyak orang tertarik bermain di pantai, tak jarang beberapa wisatawan merasa damai saat berada dipantai, mendengar deburan ombak, merasakan desiran angin pantai, dan melihat betapa indahnya nuansa sekeliling lautan dengan kombinasi warna biru yang “kalem”.

sumber : shumarukuliner.blogspot.com
sumber : shumarukuliner.blogspot.com

Beragam tingkah polah para pengunjung dapat kita temukan disini, ada yang sekadar menikmati keindahan alam dari bibir pantai, berjalan-jalan, berlari, menikmati makanan, berbaring atau sekadar duduk-duduk diatas pasir dan tak sedikit pula yang menjajal air laut beserta ombaknya, mulai dari kegiatan surfing, mandi dilaut, sampai dengan kegiatan watersport (snorkeling, scuba diving, jetski, parasailing, seawalker, banana boat dll). Semua terasa menyenangkan dan aman-aman saja, mungkin sebagian wisatawan berpikir “toh sudah ada banyak orang sehingga tidak perlu khawatir untuk bermain di pantai”.

sumber : www.banyuwangibagus.com
sumber : www.banyuwangibagus.com

Masalah keamanan menjadi hal yang utama, kemanapun kita pergi, bahkan ketempat yang paling aman sekalipun kita harus tetap waspada dan memahami apa saja yang harus diperhatikan. Ada beberapa tips agar kita merasa aman dan nyaman saat kita berkunjung ke pantai, sehingga waktu wisata kita benar-benar bisa kita nikmati tanpa ada gangguan yang berarti, berikut tipsnya :

  1. Mencari Informasi tentang tempat tujuan kita

Berusahalah mencari info tentang pantai tujuan kita, bagaimana akses menuju pantai tersebut, ketersedian penginapan atau hotel di sekitar pantai, mudah atau tidaknya mendapatkan makanan dan minuman dan info-info lain yang berguna bagi anda sebelum mengunjungi pantai tujuan anda. Hal ini dimaksudkan agar anda sedikit banyak mengetahui kondisi pantai dan lingkungan sekitarnya, sehingga ketika anda berkunjung ke pantai tersebut tidak akan kesulitan dan kebingungan sehingga benar-benar bisa menikmati kondisi dan tempat wisata tersebut

  1. Jangan Pergi Sendirian

Menikmati keindahan pantai lebih menyenangkan bila dinikmati bersama-sama, ajaklah keluarga atau teman terdekat untuk bersenang bersama-sama menikmati keindahan pantai, berjemur dan bermain-main air, wujudkan suasana kebersamaan dan keringan dengan melakukan sebuah permainan dan game atau berolah raga seperti voli atau sepak bola.

  1. Pergunakan Pakaian Berbahan Ringan

Mengunjungi pantai dan berwisata ke pantai identik dengan berbasah-basahan, untuk itu pergunakan pakaian atau kaos yang  mudah kering, hindari memakai pakaian berbahan tebal karena akan memperberatkan  anda pada saat berenang atau bermain-main di sekeliling pantai. Usahakan untuk tidak berenang melebihi garis aman yang telah di tentukan oleh pengelola pantai. 

  1. Bawa Pelindung Matahari

Persiapkan segala perlengkapan untuk berwisata ke pantai, termasuk pelindung diri dari sinar matahari. Membawa kaca mata hitam, topi atau payung bisa menjadi pilihan untuk menghindarkan diri dari sinar matahari secara langsung. Namun pergunakan semua perlengkapan tersebut seperlunya, jika memang sudah dianggap matahari semakin terik bisa kita pergunakan, karena sinar matahari yang terlalu terik bisa mengakibatkan kulit kita terbakar.

  1. Pilih Waktu yang tepat untuk berjemur

Bila anda berkeinginan untuk berjemur, usahakan memilih waktu yang tepat hindari teriknya sinar matahari di siang hari. Waktu berjemur di pantai yang tepat adalah di pagi hari sampai dengan pukul 11.00 atau sore hari mulai pukul 15.00 sampai matahari tenggelam. Tak ada salahnya berlama-lama dengan siraman sinar matahari karena juga menyehatkan kulit, namun perlu diperhatikan juga bahwa teriknya matahari juga dapat membakar kulit kita. Pergunakan tabir surya atau sunblock secara berkala setiap 4 jam sekali jika berada di pantai seharian, ini akan menghindarkan kulit kita dari terbakar teriknya sinar matahari.

  1. Tetap berhati-hati dan Waspada

Disaat anda berjemur dan rileks di pantai tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap sekeliling kita, jangan terlalu asyik memejamkan mata atau mendengarkan music melalui headset kita. Selalu perhatikan dimana barang-barang kita berada dan perhatikan juga apa ada binatang pantai di sekitar kita jangan sampai kita tersengat atau tergigit.

  1. Berbilaslah segera setelah bermain air laut

Setelah puas bersenang-senang dan bermain air serta berenang, ada baiknya anda segera berbilas, karena air laut banyak mengandung garam yang bisa menyebabkan alergi bagi yang belum terbiasa. Jangan berlama-lama dengan pakaian yang basah setelah bermain air di pantai karena kandungan garamnya akan membuat kulit anda lebih kering. Berusahalah untuk berbilas di kamar mandi yang telah disediakan oleh pengelola jika anda merasa nyaman untuk mandi di tempat umum, membasuh tubuh dengan air bersih dan benar-benar memastikan kandungan garam air laut tidak lagi menempel pada tubuh kita.

Berlibur dan berwisata ke pantai menjadi kegiatan dan aktifitas yang sangat menyenangkan bagi kita dan keluarga, namun yang paling utama adalah keselamatan, perhatikan selalu rambu-rambu apa yang diperbolehkan dan apa yang dilarang di area sekitar pantai tujuan kita demi keamanan dan kenyamanan liburan kita. Lestarikan alam kita, bukan untuk kita tapi demi anak cucu kita”

Sumber :

http://m-kuta.net/tips-liburan/yang-mesti-kita-tahu-ketika-main-di-pantai-tips-aman-bermain-di-pantai.html

http://www.wisesatravel.com/2014/06/7-tips-aman-dan-nyaman-berwisata-ke.html

https://www.google.co.id/search?q=tips+aman+bermain+di+pantai&biw=1517&bih=741&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiG1emy55TNAhUE4qYKHfXAD7oQ_AUIBigB&dpr=0.9

 

Posted Under
Uncategorized