Tips Aman Melakukan Foto Selfie

Tips Aman Melakukan Foto Selfie

sumber : blogs.thegospelcoalition.org
sumber : blogs.thegospelcoalition.org

Saat ini, sudah sangat lazim kita dengar istilah selfie. Semakin canggihnya smartphone dan teknologi kamera, membuat budaya selfie semakin menjamur di kalangan masyarakat. Swafoto atau lazim dikenal dengan istilahselfie adalah satu cara untuk mendokumentasikan perjalanan berlibur. Bisa “selfie” sendiri, bisa juga beramai-ramai dengan mengambil tempat yang punya pemandangan indah. Namun, ada kalanya para penggila selfie ini hanya mengejar kekerenan dan kekinian tanpa mempedulikan keselamatan dari dirinya sendiri. Hal tersebut cukup dibuktikan dengan berbagai kasus korban meninggal akibat terlalu fokus dengan selfie. Berikut adalah tips yang perlu kamu perhatikan untuk mekukan foto selfie :

  1. Penilaian terhadap bahaya

Seaman apapun tempat yang kita pikirkan, kita harus tetap melakukan penilaian terhadap bahaya yang akan kapanpun bisa mendatangi kita. Misal saja bahaya tersebut misal terbagi dua seperti bahaya obyektif dari tempat ber-selfie dan bahaya subyektif dari diri sendiri.

Bahaya obyektif bisa berbentuk tempat yang rawan ombak besar, rawan terjatuh di jurang, bisa terjatuh ke kawah gunung berapi, terpeleset karena tanah yang dipijak longsor, tiupan angin, dan bahaya lain.

Sedangkan, bahaya subyektif bisa berbentuk ceroboh saat ber-selfie, mengantuk saat selfie, atau pijakan kaki tak kuat. Sebaiknya sebelum selfie di tempat wisata, pertimbangkanlah keamanan berdasarkan bahaya yang telah dikenali.

  1. Belajar dari pengalaman

Tidak ada salahnya jika sebelum kita menuju suatu objek pariwisata tertentu, kita harus mengetahui track record apa saja yang pernah terjadi di objek wisata tersebut. Karena pada akhir-akhir ini banyak kasus wisatawan meninggal karena terlalu asik dengan selfie. Sehingga, kamu bisa mengantisipasi atau menghindari hal sama yang berbahaya tersebut.

  1. Ketahui penyebab kecelakaan dalam melakukan foto selfie

Setelah kamu mengetahui ada kasus kecelakaan yang disebabkan oleh selfie, kamu harus mengetahui penyebab yang menyebabkan wisatawan tersebut meninggal. Misal untuk musibah yang terjadi di pantai, mayoritas wisatawan tersebut meninggal karena tidak menyadari adanya ombak besar yang bisa menyeret mereka kapanpun ombak itu mau. Sehingga kita perlu kewaspadaan tinggi ketika melakukan selfie.

  1. Pahami resiko yang mungkin terjadi

Setelah mengetahui penyebab, pasti yang kamu lakukan adalah mempertimbangkan kemungkinan resiko yang akan terjadi jika kamu terlalu fokus dengan selfie mu tersebut.

  1. Perencanaan foto selfie

Mulai dari penyebab kecelakaan hingga pemahaman resiko yang terjadi jika melakukan selfie di tempat yang sama, maka seorang wisatawan perlu melakukan perencanaan foto selfie supaya tidak mengulangi musibah yang sama seperti sebelumnya.

  1. Pengambilan keputusan yang baik

Tahap akhir dari perencanaan adalah pengambilan keputusan yang terbaik bagi keselamatan diri kita. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan ketika mendaki gunung adalah proses riset, perencanaan yang matang, tim pendakian, pemilihan rute pendakian yang baik, pengetahuan teknis mendaki gunung, cuaca baik, stamina prima, dan efisiensi waktu.

  1. Tetap waspada

Tidak ada yang benar-benar aman di dunia ini, sehingga untuk melakukan selfie pun kita juga memerlukan kewaspadaan terhadap perubahan pada seluruh kondisi.

Sumber :

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/05/tips-aman-berfoto-selfie

Posted Under
Uncategorized