Tips Memilih Ransel Gunung

Tips Memilih Ransel Gunung

Ransel gunung merupakan hal vital yang pasti kita perlukan saat mendaki gunung. Ransel gunung atau tas gunung ini biasa disebut dengan istilah tas keril / carrier. Terdapat banyak harga dan fitur yang dimiliki oleh tas keril ini. Namun, sebelum membeli tas keril ada baiknya jika anda memilih sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Berikut adalah tips yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli ransel gunung :

1. Ukuran tubuh (panggul sampai pundak)

Sebelum membeli tas ada baiknya jika kamu mengetahui ukuran tubuh yang diukur dengan cara ukurlah dari tulang punggung yang ke tujuh ( Tulang yang menonjol tepat dibawah tekuk / leher bagian belakang ) kebawah mengikuti kontur tulang punggung sampai ke titik bawah antara tulang pinggul. Cek kedua sisi pinggang. Saat mencoba ransel, pastikan kedua belah ikat pinggangnya berada pada posisi yang pas, tepat pada tonjolan tulang pinggang, bukan pada pinggang. Berat secara keseluruhan akan ditahan oleh ikat pinggang ransel, jadi pastikan posisinya nyaman dan pas tanpa tergeser. Sedangkan berikut adalah hal-hal yang bisa kita perhatikan saat memilih ransel gunung yang disesuaikan dengan ukuran tubuh :

  • Panjang Torso. Ada banyak ukuran panjang torso pada backpack, mulai dari XS sampai XL. Banyak dari backpack diantaranya menyediakan fitur penyesuaian dengan torso masing-masing. Harness yang bisa disesuaikan bisa sedikit menambah berat tas gunung.
sumber : http://www.lapaktas.com
sumber : http://www.lapaktas.com

 

  • Cara mengukur panjang dari Torso:
  • Berdiri tegak dengan kaki selebar bahu
  • Cari benjolan tulang yang ada di pangkal leher, di mana garis bahu bertemu dengan leher. Jika susah, tundukan kepala kedepan agar lebih mudah menemukannya.
  • Dari titik ini, pakai meteran untuk mengukur ke bawah sampai ke tonjolan dasar dari susunan belakang yang bertemu dengan tulang pinggul.
  • Ukuran yang di dapat menunjukkan ukuran ransel yang cocok digunakan.

 

  • Ukuran XS: panjang torso 35 – 39 cm
  • Ukuran S: pajang torso 40 – 44 cm
  • Ukuran M: panjang torso 45 – 49 cm
  • Ukuran L: panjang torso 50 – 54 cm
  • Lingkar pinggang. Ukurang lingkar pinggang juga faktor penting. Jika berniat membeli tas import, cek dengan teliti, berapa minimal dan maksimal ukuran pinggang. Terutama buat yang mempunyai pinggang ramping. Hampir 80% dari backpack atau tas gunung menggunakan pinggang/pinggul untuk menyokong backpack. Secara sepintas, bahu lah yang bekerja keras membawa beban, namun tas-tas yang bagus, lebih mengfungsikan pinggul untuk menopang berat beban backpak. Ada beberapa tas yang bisa diganti sabuk pinggangnya (hipbelts), bagi yang memiliki pinggang yang ramping, sehingga bisa disesuaikan dengan pinggang.

 

  • Penyesuaian Tambahan

Penyesuaian Tambahan Tas Gunung

 

Strap pengangkat beban dijahit ke bagian atas strap bahu, tersambung dengan body atas backpack. Ini merupakan bagian penting, yang mencegah body backpack turn/melorot.

Strap sternum: Strap pertengahan dada ini memungkinkan kita untuk merekatkan strap utama, sehingga strap tidak melebar dan menjaga keseimbangan bila posisi tubuh miring

  • Fitur backpack /Tas Gunung
    • Top Loading. Fitur standar. Secara gampangnya, yang sering dipakai di atas, yang jarang/mungkin tidak dipakai paling bawah.
    • Beberapa backpack menyedikan kantong khusus di depan/samping untuk tempat barang-barang yang sering digunakan agar lebih mudah saat akan diambil
    • Sleeping Bag. Biasanya di kantong paling bawah. Bisa juga untuk peralataan lain sehingga tidak perlu membongkar ruang utama backpack.
    • Kantong tutup atas. Ada yang bisa dilepas sehingga bisa digunakan layaknya tas pinggang. Biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sering dipakai, peta, makanan ringan, obat nyamuk
  • Saku tambahanMemilih Tas Gunung_water Bladder
    • Saku samping  biasanya elastis
    • Saku pada sabuk pinggang
    • Saku kecil pada strap

     

  • Ventilasi dan Air

    • Merupakan faktor penting agar punggung tidak cepat panas dan berkeringat karena tidak ada sirkulasi udara. Masing-masing pabrikan mempunyai sytem yang kurang lebih sama dalam sirkulasi udara.
    • Backpack/tas gunung yang bermerk hampir menyediakan tempat untuk kantong air.

2. Perhatikan berat beban yang akan dibawa

Sangat disarankan jika ransel gunung yang kamu pilih merupakan ransel berkualitas dan ringan. Karena semakin lama perjalanan, maka faktor capek dan kelelahan akan sangat mempengaruhi aktivitas pendakianmu. Perhatikan manajemen barang yang kamu bawa saat mendaki. Banyaknya barang yang kamu bawa tentu dipengaruhi pula oleh lama pendakian yang akan kamu tempuh.

sumber : djafa.org
sumber : djafa.org

3. Kenali jalan pendakian yang akan dilewati

Tak Akan Terlupakan Ketika Mendaki Gunung - teman

Sebelum mendaki ada baiknya kamu mencari informasi jalur pendakian yang akan dilalui. Karena ternyata medan jalan yang kamu lalui tersebut juga mempengaruhi jenis ransel yang bisa kamu gunakan. Misal untuk jalan setapak yang terawat rapi, maka kamu bisa menggunakan ransel dengan external frame.  Namun jika medan yang kamu lewati adalah jalan setapak dengan medan yang berat dan membutuhkan faktor keseimbangan, maka kamu bisa menggunakan tas dengan internal frame.

4. Pikirkan perubahan fungsi yang mungkin terjadi

sumber : www.diharga.tk
sumber : www.diharga.tk

Ada kalanya kita menggunakan daypack saat mendaki. Biasanya hal tersebut terjadi ketika pendakian ke puncak dilakukan setelah mendirikan tenda di setengah atau seperempat perjalanan menuju puncak. Maka ada baiknya jika kamu bisa memilih ransel gunung yang bisa diubah menjadi daypack.

5. Pikirkan bahwa setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda

Bawa-Barang-Bawaan-Yang-Ringan-Tapi-Berguna-Untuk-Pendakian

Terkadang kita menemui orang yang ingin semua terlihat simpel sehingga seluruh barang tertata rapi di dalam ransel. Namun ada pula orang yang memilih praktis, dimana ransel gunung yang dipilih memiliki banyak kantong yang membuatnya mudah untuk dijangkau. Seperti kita tahu, barang yang dibawa selama pendakian tidaklah sedikit, sehingga sangat merepotkan jika kita harus mencari di dalam kumpulan barang-barang mendaki lainnya. Ada baiknya jika kamu meletakkan barang-barang yang sering digunakan di kantong terluar tas kamu, seperti contohnya minuman, senter, obat-obatan, masker dan lain-lain.

Sumber :

http://djafa.org/geartips-cara-memilih-tas-gunung-backpack-carrier/

https://aditiyaboris.wordpress.com/2013/11/13/tips-memilih-ransel-gunung/

https://gudangpendaki.wordpress.com/tips-memilih-tas-carrier/

http://www.lapaktas.com/news/2/Tips-Memilih-Tas-Ransel-untuk-Hiking-Travelling

Posted Under
Uncategorized