Tips Mempercepat Pengisian Smartphone Saat Traveling

Tips Mempercepat Pengisian Smartphone Saat Traveling

Saat ini smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat. Tentu sangat menyebalkan jika ketika kita sedang butuh smartphone, eh ternyata baterainya habis. Apalagi hal tersebut kita alami ketika sedang melakukan traveling. Padahal smartphone tersebut biasa kita gunakan untuk dokumentasi perjalanan kita. Sehingga apa yang harus kita lakukan untuk menghindari hal tersebut? Berikut adalah tips untuk mempercepat pengisian smartphone saat traveling. Sekedar informasi, ternyata banyak orang yang masih belum tahu tips pengisian pada smartphone ini.

  1. Lebih baik matikan hp daripada bateraimu nggak penuh-penuh

Mengisi hp dengan kondisi hp menyala akan memperlama proses charging. Hal tersebut disebabkan oleh adanya daya yang tetap terpakai untuk menjalankan beberapa proses yang ada di handphone. Untuk itulah, lebih baik mematikan hp terlebih dahulu sebelum mengisi daya hp mu. Apalagi hp saat ini sudah banyak diberi fitur fast charging. Jadi makin cepat deh pengisian dayanya.

  1. Opsi lain yg bisa kamu lakukan jika tidak ingin menonaktifkan hpmu, yaitu atur mode airplane

Jika kamu merasa untuk mematikan hp itu sangat merepotkan, kamu bisa menggunakan tips yang satu ini untuk mempercepat pengisian daya pada hp mu. Handphone yang diatur pada mode airplane akan menghentikan radio nirkabel sehingga ia tidak akan mencari sinyal. Semakin sulit sinyal yg didapatkan oleh hp, maka hp akan bekerja keras untuk mencarinya. Itulah mengapa jika kamu berada di daerah yang sedikit sinyal, baterai hp mu akan lebih cepat habis.

  1. Jangan gunakan hp saat sedang di-charge

Menggunakan hp saat mengisi baterai akan mengambil banyak daya pada hp, jadi proses charging justru akan semakin lama. Salah satu bagian hp yang paling banyak memakan daya adalah layar. Tapi kalau memang ada sesuatu hal yang penting, seperti telepon atau pesan maka menggunakan hp sebentar tak masalah.

Usahakan untuk tidak memakai aplikasi yang berat saat hp di-charge, misalnya bermain game, menonton video, atau mengunduh aplikasi.

  1. Gunakan charger yang original

Setiap produk hp pasti memiliki standar tersendiri terkait pembuatannya maupun perawatannya. Salah satu yg diperhatikan dalam perawatannya adalah penggunaan charger original dari masing-masing merk hp tersebut. Setiap charger original telah dibuat sesuai untuk hp tersebut, karena biasanya sudah ditentukan berapa tegangan maksimal yang bisa diterima hp. Jika memakai charger lain maka bisa saja tegangan yang diterima kurang, sehingga proses mengisi daya jadi lambat. Atau bisa juga tegangan terlalu besar, jadi ada kemungkinan kebocoran pada baterai.

  1. Hindari mengisi daya dari computer atau laptop

Standar arus listrik yang dibutuhkan oleh hp adalah sekitar 1-2 A. Namun arus yang dihasilkan dari computer atau laptop hanya sekitar 0,1 A hingga 0,5 A. Itulah mengapa proses pengisian daya melalui laptop akan lebih lambat dibandingkan dengan pengisian biasa melalui stop kontak. Kamu bisa melakukan hal ini jika benar-benar sudah dalam kondisi terbatas dan tidak dapat dilakukan dengan cara lainnya.

5 Tips Mempercepat Charge Hp Saat Traveling

Posted Under
Uncategorized