Tips Mencuci dan Merawat Jaket Gunung

Tips Mencuci dan Merawat Jaket Gunung

Selain tips memilih jaket gunung, berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk mencuci dan merawat jaket gunung yang kamu miliki. Seperti yang kamu ketahui, jaket memberikan peranan penting selama kamu melakukan pendakian. Sehingga cobalan untuk memberikan perawatan khusus bagi barang pendakianmu yang satu ini supaya dapat digunakan kembali dengan kondisi yang masih baik.

  1. Cek label pada jaket

sumber : www.cpsc.gov
sumber : www.cpsc.gov

Biasanya hal inilah yang paling sering kita sepelekan, karena sebenarnya dari label ini kita bisa mengetahui cari mencuci dan merawat jaket yang benar. Pastikan kamu membaca petunjuk yang ada pada label ini. Biasanya label ini terletak di bagian pinggan kanan / kiri dan / atau leher jaket di bagian dalam.

  1. Cek isi kantung jaket

sumber : netalase.wordpress.com
sumber : netalase.wordpress.com

Pastikan kamu sudah mengecek ulang isi kantung jaket yang akan kamu cuci. Benda padat berpotensi untuk merusak / rusak bahan jaket selama proses pencucian. Dan kemudian setelah mengecek kantong jaket, jangan lupa untuk menutup kantong / resleting dari kantong jaket tersebut.

  1. Cuci jaket dengan tangan

sumber : www.rinso.co.id
sumber : www.rinso.co.id

Biasanya perlakuan untuk mencuci jaket ini sedikit istimewa, mulai dari penggunaan air dan sabun yang tidak bisa sembarangan, tipsnya adalah :

  • Gunakan air hangat dan sabun tanpa detergen untuk mencucinya. Sabun yang mengandung detergen ditakutkan dapat merusak bahan latex pada jaket.
  • Kemudian saat mencuci, cucilah dengan tangan saja. Jika ada noda membandel, sikat dengan lembut dengan arah sikatan yang searah.
  1. Lakukan proses pengeringan dengan sederhana

sumber : www.respiro-online.com
sumber : www.respiro-online.com

Untuk proses pengeringan, jaket jangan diperas dengan diplintir, namun cukup dengan kibas-kibaskan atau ditekan-tekan saja. Kemudian setelah itu gantung menggunakan hanger dan angin-anginkan jaket tersebut. Jangan menjemur dibawah terik matahari langsung karena dapat mengelupas lapisan sealnya.

Jika ada perintah untuk menyetrika, setrikalah dengan panas sedang. Namun jika pada label logo setrika disilang, maka kamu harus mematuhinya untuk tidak menyetrika jaketmu.

  1. Lakukan penyimpanan dengan baik

sumber : www.molto.co.id
sumber : www.molto.co.id

Simpan jaket di tempat kering dan tidak lembab, simpan jaket dalam posisi menggantung pada hanger. Beri kamper atau obat pencegah jamur pada lemari bajumu.

sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/54d68458138b46440d8b456b/tips-mencuci-dan-merawat-jaket-outdoor-gunung-yang-waterproof-breathable-winstopper/

Posted Under
Uncategorized