Tips Mendaki Pada Musim Kemarau

Tips Mendaki Pada Musim Kemarau

sumber : inisayadanhidupsaya.wordpress.com
sumber : inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Indonesia memiliki 2 musim selama setahun, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau identik dengan kekeringan dan panas, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang ingin mendaki pada musim kemarau. Berikut adalah tips mendaki pada musim kemarau :

  1. Observasi gunung yang dituju

Cobalah untuk menghubungi pihak pengelola gunung yang akan kamu tuju untuk memastikan bagaimana kondisi gunung tersebut. Jika pihak pengelola menyatakan gunung tersebut masih dibuka untuk pendakian, tanyakan lebih jauh tentang titik-titik kebakaran yang sering muncul.

  1. Simpan nomer darurat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu

Berjaga-jagalah jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan dari pihak yang berwajib, kamu bisa menyimpan nomer darurat yang bisa dihubungi.

  1. Simpan peralatan navigasi

Bawa peta topografi dan kompas sebagai alat bantu saat harus mencari jalur alternative untuk evakuasi. Pastikan juga kamu paham dan menguasai tata cara penggunaannya. Pelajaran tentang ilmu medan peta kompas akan sangat membantu dalam hal ini.

  1. Jangan melakukan aktivitas yang bisa menyulut kebakaran

Usahakan jangan membuat api unggun di tempat-tempat yang bisa menyulut api lebih besar. Jika kamu terpaksa membuat api unggun, pilihlah lokasi yang aman dan pastikan setelah itu api bisa mati dengan sempurna. Dan jika kamu adalah seorang perokok, hati-hati jika membuang puntung rokok. Pastikan pendam dengan pasir saat kamu membuangnya.

Sumber : http://www.bluetripper.com/2015/10/tips-mendaki-saat-musim-kebakaran.html

Posted Under
Uncategorized