Tips Mengatasi Lelah Saat Mendaki Gunung

Tips Mengatasi Lelah Saat Mendaki Gunung

sumber : www.superadventure.co.id
sumber : www.superadventure.co.id

Mendaki gunung merupakan salah satu jenis olahraga yang tentu membutuhkan tenaga yang tidak biasa. Melewati jalan mendaki, menurun dengan cuaca yang cukup rendah. Memang perlu latihan khusus supaya kamu tidak kaget ketika kamu akan mendaki gunung. Namun ternyata selain butuh pemanasan, kita juga akan merasakan dampak lelah saat mendaki gunung. Hal tersebut tentulah sangat wajar kita rasakan. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi lelah saat mendaki gunung :

  1. Membawa Bekal Makanan Dan Minuman

sumber : www.niceinformasi.com
sumber : www.niceinformasi.com

Dengan kondisi tubuh yang lelah dan suhu pegunungan yang cukup dingin, biasanya akan mempercepat rasa laparmu. Jangan terlalu lama menunda rasa laparmu, segera sepakati kapan kalian harus berhenti untuk sekedar memperhatikan kekuatan tubuhmu untuk melanjutkan pendakian. Bawalah makanan yang tepat dan cukup efektif untuk mengganjal rasa laparmu.

  1. Jangan Lupa Untuk Melakukan Pemanasan Sebelum Pendakian

sumber : sentralfitnes.com
sumber : sentralfitnes.com

Ini merupakan poin yang sangat penting untuk kamu perhatikan saat akan melakukan pendakian. Kaki kita yang tidak biasa melakukan jalan kaki terus menerus, saat mendaki gunung kaki kita dipaksa untuk melakukannya. Sehingga perlu pemanasan untuk menghindari musibah seperti keseleo atau kram di tengah perjalanan.

  1. Membawa Barang Seperlunya

sumber : theclumsyduck.wordpress.com
sumber : theclumsyduck.wordpress.com

Bawalah barang seperlunya untuk mencegah rasa lelahmu cepat datang. Pada artikel sebelumnya telah membahas tips efektif membawa barang-barang pendakian yang mungkin bisa menjadi pertimbanganmu untuk membawa barang-barang selama pendakian.

  1. Jangan Terlalu Memaksa Pendakian Jika Tidak Mampu

sumber : haiineola.com
sumber : haiineola.com

Ketika kamu merasa sangat lelah, segera istirahat dan rilekskan seluruh tubuhmu. Kamu juga bisa minum air putih untuk mengganti cairan tubuhmu yang hilang. Yang penting adalah tetap selamat sampai tujuan. Jangan sampai terlalu memaksa tubuhmu sehingga nantinya kamu bisa merepotkan orang lain.

  1. Nikmati Suasana Di Alam Sekelilingmu

sumber : www.djarumsuper.com
sumber : www.djarumsuper.com

Selain beristirahat, kamu bisa mengurangi rasa lelahmu dengan menikmati suasana alam di sekelilingmu. Berjalanlah pelan-pelan sambil mengabadikan momen dan pemandangan indah yang ada. Jangan pernah lewatkan untuk menikmatinya karena tentu momen tersebut jarang sekali kamu rasakan.

sumber : http://www.medfreez.org/2015/09/cara-mengatasi-rasa-lelah-saat-naik.html

Posted Under
Uncategorized