Tips Menjaga Keindahan Wisata

Tips Menjaga Keindahan Wisata

Tempat wisata yang menjadi penghibur panca indera kita terkadang harus ternodai oleh kejahilan tangan manusia. Tak jarang kita temui, coretan tangan, sampah berserakan, kerusakan fasilitas umum, dll. Sebagai penikmat alam, sudah sepantasnya kita turut menjaga keindahan yang diberikan  Tuhan YME. Berikut adalah tips menjaga keindahan wisata :

1. Tidak membuang sampah sembarangan

sumber : www.kesekolah.com
sumber : www.kesekolah.com

Dampak yang ditimbulkan pada perilaku suka buang sampah sembarangan yaitu, sampah organik menimbulkan aroma tidak sedap di area wisata, sampah plastik tidak dapat terurai dengan baik, mempercepat terjangkitnya penyakit dan sumber penularan penyakit, aliran air dapat tersumbat yang berakibat banjir, mengganggu kenyamanan dan estetika alam.

Solusi terbaik mengurangi kebiasaan membuang sampah sembarangan yaitu dengan membawa trash bag(kantong sampah) sendiri, membawa tempat makan/minum pribadi, mengurangi penggunaan kresek dan tanamkan dalam benak kita, satu samapah yang dibuang sembarangan akan berakibat fatal bagi alam.

2. Tidak mencoret-coret di bebatuan/pohon

sumber : www.hipwee.com
sumber : www.hipwee.com

Tak jarang kita melihat adanya coretan nama pasangan, tanggal, gambar, dll yang tertoreh di bebatuan besar dan pohon. Perilaku buruk seperti ini tidak seharusnya menghiasi tempat wisata dan semestinya dihapuskan. Bila ingin meninggalkan kesan yang indah pada setiap tempat wisata yang dikunjungi, mungkin ada baiknya mencoba hal berikut.

Bawalah secarik kertas dan alat tulis(spidol) untuk menuliskan keinginanmu, jangan lupa untuk membawanya pulang dan tidak dibuang sembarangan. Kalian bisa juga mulai meninggalkan bibit yang bermanfaat dengan memberi nama kalian, siapa tahu ketika kalian kembali tanaman tsb sudah tumbuh besar.

3. Tidak merusak Fasilitas Umum

sumber : nopiatriananda.wordpress.com
sumber : nopiatriananda.wordpress.com

Namanya saja sudah Fasilitas Umum, jelas juga kalau fungsinya digunakan oleh semua pengunjung yang datang ke tempat wisata. Keberadaannya pun tentu perlu mendapat perhatian tersendiri agar tetap dalam kondisi baik. Alangkah bijaknya bila kita juga bisa saling merawat fasilitas yang sudah diberikan.

Contohnya saja penggunaan Kamar Mandi/Toilet Umum. Gunakan sesuai fungsinya, turut menjaga kebersihannya, buanglah pembalut/tisu pada tempat sampah, jangan mencorat coret dan gunakan air seperlunya. Sebisa mungkin lakukan dengan waktu sibgkat agar tidak terjadi antrian panjang dari pengguna yang lain. Manfaatkan secara Bijak dan Bersih 🙂

Posted Under
Uncategorized