Tips Supaya Barang Bawaan Menjadi Ringan

Tips Supaya Barang Bawaan Menjadi Ringan

Apakah yang terbesit dalam pikiranmu tentang mendaki gunung? Membawa tas besar dengan beban yang cukup berat dan mendaki medan yang sulit? Ya, Nampak luar memang seperti itu. Namun ternyata ada sebuah gaya pendakian bernama ultra-light hiking yang berarti para pendaki dituntut untuk pintar menyeleksi dan menyiasati barang-barang yang harus dibawa selama mendaki guna mengurangi beban selama pendakian berlangsung. Dengan beban yang lebih ringan tentu akan meningkatkan efisiensi selama pendakian. Berikut adalah beberapa item yang bisa kamu siasati supaya barang bawaan menjadi ringan :

  1. Memilih shelter yang ringan namun kokoh

sumber : consina.blogspot.com
sumber : consina.blogspot.com

Item yang biasa menyebabkan barang bawaan kita semakin berat salah satunya adalah shelter atau tenda. Terkadang, ketika ada pendakian berkelompok ada salah satu anggota kelompok yang menjadi porter dadakan karena kebagian membawa tenda untuk kelompok tersebut. Fungsi dari tenda ini tergolong penting, sehingga kamu perlu menyiasatinya supaya barang bawaanmu menjadi ringan.

Salah satu tenda yang tergolong ringan tersebut adalah tenda asal Tiongkok, Langya 2/3P Ultralight Tent. Harga tenda ini cukup ramah di kantong daripada tenda UL buatan produsen outdoor asal Amerika atau Eropa. Selain itu rangkanya sudah terbuat dari bahan alumunium alloy bukan fiber seperti kebanyakan sehingga beratnya pun jauh lebih ringan, hanya kurang dari 2 kg. Sebelum membeli tenda telitilah dengan cermat spesifikasinya mulai dari bahan rangka, flysheet, dan beratnya.

  1. Memilih tas carrier yang sesuai dengan kebutuhan mendaki

sumber : www.belantaraindonesia.in
sumber : www.belantaraindonesia.in

Sesuaikan ukuran tas carrier yang akan kamu gunakan mendaki dengan estimasi waktu yang akan kamu habiskan selama pendakian. Untuk pendakian singkat, kamu cukup menggunakan tas carrier kapasitas 40-50 liter saja. Berdasar pengalaman, carrier dengan kapasitas ini sebenarnya sudah pas untuk kebutuhan mendaki saya yang singkat, lebih nyaman di pundak, dan yang penting tak bikin cepat lelah. Berbagai produsen carrier outdoor di Indonesia saya lihat sudah cukup baik membidik konsep ini sehingga kamu tak perlu khawatir kesulitan jika ingin mencarinya.

  1. Sleeping bag yang hangat namun ringan

sumber : farizfrmnsyh.blogspot.com
sumber : farizfrmnsyh.blogspot.com

Item kedua yang perlu kamu perhatikan supaya beban tasmu menjadi ringan adalah keberadaan sleeping bag. Memilih sleeping bag yang hangat namun ringan merupakan hal yang tidak mudah karena biasanya berat berbanding lurus dengan nilai kehangatan dari sleeping bag tersebut. Semakin ringan bobot sleeping bag, biasanya tingkat kenyamanan dan pertahanannya dari hawa dingin juga akan berkurang.

  1. Alas tidur dan matras

sumber : hegatraveler.blogspot.com
sumber : hegatraveler.blogspot.com

Matras alumunium foil merupakan matras yang cukup ringan bisa kamu gunakan sebagai opsi pengganti matras karet TNI yang biasanya kamu bawa. Matras alumunium foil cukup praktis dengan harga sekitar 60-80rb saja.

  1. Beberapa peralatan outdoor lainnya

sumber : www.tokopedia.com
sumber : www.tokopedia.com

Sebut saja peralatan tersebutdi antaranya seperti kompor portabel, pisau lapangan, headlamp, jas hujan, peralatan masak, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tips membawa peralatan yang benar-benar penting dan punya beberapa fungsi sekaligus.

Sumber :

http://phinemo.com/6-barang-yang-dapat-disiasati-agar-pendakian-lebih-ringan/

Posted Under
Uncategorized