Tips Supaya Tidak Kecopetan Saat Melakukan Traveling

Tips Supaya Tidak Kecopetan Saat Melakukan Traveling

Tidak ada yang namanya musibah yang menyenangkan. Begitupula jika musibah tersebut datangnya saat kita memiliki niat untuk bersenang-senang. Pupus sudah harapan untuk menikmati liburan jika ternyata kita menjadi salah satu korban copet di tempat keramaian. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa melakukan beberapa tips berikut supaya tidak kecopetan saat melakukan traveling :

  1. Banyak minum air putih supaya tidak gampang capek. Kecapekan bisa membuat kita lengah

Salah satu hal yang dimanfaatkan oleh pencopet adalah kelengahan kita. Kamu boleh jalan-jalan, namun jangan sampai kamu lengah dan kemudian menjadi penyebab kerugian yang bisa kamu alami sewaktu-waktu. Selalu perhatikan lingkungan sekitar dimanapun kamu berada.

  1. Tinggalkan barang-barang berharga seperti laptop, paspor, perhiasan di hotel

Kamu bisa menyimpan barang di kamar hotel atau tanyakan pihak hotel apakah menyediakan safe box deposit atu tidak? Manfaatkan fasilitas safe box deposit untuk menyimpan barang berhargamu di sana.

  1. Jangan menyimpan dompet, HP atau barang berharga lain di tas punggung

Posisi tas punggung yang berada di belakang punggung kita dapat menjadi salah satu fasilitas yang dimanfaatkan oleh pencopet karena kita tidak bisa mengawasinya secara langsung. Biasanya pencopet akan menggunakan silet untuk merobek tasmu. Jika terpaksa, kamu bisa meletakkan barang-barang tersebut diantara selipan-selipan benda lain.

  1. Biasakan bawa uang cash secukupnya dan kartu atm / kredit

Jika kamu membawa uang cash terlalu banyak, tentu hal tersebut dapat memancing orang lain untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Bawalah uang secukupnya, hitung-hitung kamu bisa hemat karena pengeluaranmu terbatas dengan uang cash yang kamu bawa.

  1. Hindari kebiasaan meletakkan HP di sembarang tempat

Jangan pernah meremehkan kebiasaan ini karena bisa-bisa pencopet melihat kelengahan dari kebiasaanmu ini. Selalu kembalikan HP di tempat yang aman seperti tas atau sakumu setelah menggunakannya.

  1. Jangan biasakan untuk bengong / memiliki pandangan kosong

Liburan kok bengong? Ada baiknya jika dapat menikmati seutuhnya liburanmu. Buat kamu yang punya kebiasaan bengong atau punya pandangan kosong, hati-hati karena saat ini banyak orang jahat yang punya kemampuan untuk menggendam.

  1. Hindari tempat sepi yang rawan kejahatan

Jangan mendatangi tempat yang sepi atau terlalu ramai karena lokasi-lokasi tersebut biasanya menjadi tempat para penjahat beraksi. Dan usahakan kemana-kemana selalu bersama teman dan jangan sendirian.

  1. Letakkan tas di depan, jangan di belakang atau di samping

Jika kamu meletakkan tas di depan maka pencopet akan memikir ulang kejahatan yang akan dia lakukan karena pandanganmu sepenuhnya bisa focus dengan benda yang kamu bawa di dalam tas.

  1. Jangan lupa untuk duplikasi dokumen pribadi dan simpan di dalam google drive

Hal ini penting karena bisa menjadi solusi jika ternyata musibah kehilangan terjadi padamu. Kamu bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun jika ternyata dokumen tersebut kamu simpan secara online.

Sumber :

http://phinemo.com/tips-agar-tidak-kecopetan/

Posted Under
Uncategorized