Tips Berlibur dengan Mobil

Tips Berlibur dengan Mobil

Pergi jalan-jalan dengan menggunakan mobil pribadi memang sering dianggap menghabiskan uang. Namun sebenarnya hal tersebut bisa dibantahkan asal kamu melakukan beberapa trik dan tips yang dapat membuat biaya berlibur dengan mobil pribadimu menjadi lebih irit. Kalian harus membaca tips ini agar perjalanan kalian berjalan dengan lancar. Berikut adalah tips berlibur dengan mobil :

1.      Isi bensin penuh saat malam hari

sumber : www.kaskus.co.id
sumber : www.kaskus.co.id

            Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengirit pengeluaran pada saat traveling dengan menggunakan mobil pribadi adalah mengisi bensin secara penuh pada malam hari. Mengapa harus penuh dan malam hari? Simpel saja, karena akan membuat pembakaran menjadi lebih lancar dan irit. Kalau kamu mengisi bensin pada malam hari kadar gas akan menjadi lebih kecil sehingga cairan bensin yang ada dalam tangki mobil kamu menjadi lebih banyak, dan pembakaran akan menjadi lebih lancar namun irit dibandingkan mengisi bensin pada saat siang hari dimana kadar gas bensin lebih banyak daripada cairan.

2.      Pergi sama teman

gal-18

            Jalan-jalan bersama teman akan menciptakan kesan tersendiri dan pastinya lebih menyenangkan dibandingkan pergi sendiri. Bukan hanya itu, pergi bersama teman juga akan membuat pengeluaran lebih irit dibandingkan kamu harus pergi sendiri. Misalnya uang bensin mobil saat sendiri menghabiskan 350 ribu rupiah untuk satu kali isi bensin secara penuh, apabila pergi bersama 4 teman saja maka kamu dan teman masing-masing cukup mengeluarkan uang sebesar 70 ribu rupiah saja. Lebih irit 280 ribu rupiah dibanding pergi sendiri. Itu baru soal bensin, belum soal makan dan akomodasi lainnya loh.

3.      Beberapa jam sekali gantian mengemudi

sumber : otonity.com
sumber : otonity.com

            Ada baiknya pada saat pergi jalan-jalan sama teman untuk mencari teman lain yang bisa mengemudi. Hal ini akan sangat membantu, karena apabila perjalanan yang dilakukan cukup jauh dan memakan waktu yang lama selama beberapa jam kamu bisa bergantian mengemudi. Apa hubungannya dengan irit? Kalau kamu mengemudi sendiri selama beberapa jam atau beberapa hari maka kamu akan sering berhenti untuk setidaknya makan dan membeli camilan, pasti uang yang dikeluarkan menjadi lebih banyak sementara kalau bergantian mengemudi kamu tidak perlu sering-sering memberhentikan kendaraan.

            Belum lagi kalau mengemudi sendiri terlalu lama maka resiko kecelakaan menjadi lebih besar. Kalau sudah kejadian hal yang satu ini setiap hal akan mengalami kerugian termasuk finansial, kecuali kamu sudah memiliki asuransi yang mengcover apabila terjadi kecelakaan pada diri kamu dan mobil kamu.

4.      Bawa camilan secukupnya saja

sumber : wongsorejoku.blogspot.com
sumber : wongsorejoku.blogspot.com

            Salah satu biaya yang cukup memberatkan keuangan pada saat pergi traveling adalah biaya membeli makanan atau camilan. Ya, maka dari itu bawalah camilan secukupnya saja. Tidak usah berlebihan karena pada saat traveling kamu nantinya akan lebih sering menghabiskan waktu untuk bersenang-senang menikmati keindahan tempat wisata.

5.      Pastikan Perlengkapan Darurat Yang Lengkap Untuk Berjaga – Jaga Selama Di Jalan

sumber : www.hipwee.com
sumber : www.hipwee.com

Perlengkapan Darurat ini harus termasuk pasokan pertolongan pertama, kabel jumper, senter dan baterai ekstra, suar jalan atau segitiga reflektif. Selimut, air, dan beberapa makanan kaya protein perlu sekali disiapkan. Perlengkapan tambahan seperti bantal leher, tisu basah, pembersih tangan, pendingin dengan minuman dan makanan ringan(buat dijalan). Jangan lupa siapkan kantong plastik untuk tempat sampah juga agar tidak membuang sampah sembarangan ketika di jalan.

6.              Tas Yang Mudah Dibongkar dan Pasang

gambar gunung - perlengkapan mendaki

Pastikan memiliki tas yang mudah untuk dibongkar pasang, agar barang – barang bisa disimpan secara teratur. Barang besar dan jarang dipakai masuk pertama, dan pastikan barang untuk keperluan darurat ditaruh terakhir agar mudah mengambilnya sewaktu – waktu. Apapun jangan meletakkan perlengkapan darurat di bagasi atau tempat yang sulit dijangkau. Dan jika kalian berencana untuk berhenti untuk bermalam, sediakan satu tas terpisah yang berisi baju dan perlengkapan mandi.

7.              Sebuah Charger Mobil Universal

sumber : nocamels.com
sumber : nocamels.com

Kalau sedang melakukan roadtrip, smartphone adalah garis pertahanan utama kalau ada masalah. Pertolongan atau bahkan sampai lampu senter darurat bisa didapatkan dari sebuah smartphone. Jadi pastikan smartphone kalian tidak pernah kehabisan baterai selama road trip. Karena itu keberadaan sebuah charger mobil universal adalah wajib.

8.              Peta Perjalanan, Baik Digital Atau Manual

Jalur Pendakian TNBTS
Jalur Pendakian TNBTS

Perjalanan jauh? Melewati jalur yang baru pertama kali dilewati? Maka peta adalah teman terbaik kalian selama road trip. Gunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps (gratis; Android, iOS) untuk memastikan kalau kalian tidak akan tersesat selama di perjalanan. Menggunakan aplikasi peta offline seperti MapsWithMe juga bisa bermanfaat sekali ketika kalian berada di luar jaringan internet. Pastikan saja download petanya terlebih dahulu. Terakir, menggunakan metode klasik seperti menggunakan peta kertas juga bisa berguna ketika darurat.

9.              Update Info Lalu Lintas Secara Real-time Untuk Menghindari Macet

sumber : news.okezone.com
sumber : news.okezone.com

Aplikasi seperti Waze (Gratis; Android, iOS) bisa memberikan petunjuk jalan sekaligus memberitahukan jalur mana yang bebas macet. Apliasi ini akan memberikan arah dan waspada dan mengubah rute Anda jika diperlukan dan atau ada lalu lintas yang macet di depan. Semua ini didapatkan berkat informasi crowdsourced dari pengguna.

10.       Aplikasi Untuk Mendengarkan Radio Kesayangan

sumber : weareutopia.com
sumber : weareutopia.com

Melakukan roadtrip tapi tidak ingin ketinggalan mendengarkan radio lokal kesayangan?Coba saja menginstall aplikasi TuneIn Radio (gratis; Android, iOS) yang masih bisa memberikan kalian akses ke stasiun radio lokal yang biasa kalian sukai lewat streaming. Selain itu dengan aplikasi ini kalian dapat streaming secara langsung musik, talk show, siaran olahraga, stasiun berita, atau hanya ingin memeriksa episode terbaru dari sebuah podcast.

Nah, kira – kira beberapa tips dan saran untuk road trip diatas bisa membantu melancarkan perjalanan kalian. Jadi harap dicatet baik – baik ya! Dibagikan dengan teman lewat sosial media juga boleh, siapa tau ada yang perlu karena mau melakukan perjalanan atau road trip jarak jauh.

Sumber :

https://www.cekaja.com/info/tips-irit-gunakan-mobil-pribadi-untuk-traveling/

http://liburmulu.com/tips-keren-traveling-dan-roadtrip-dengan-mobil/

Posted Under
Uncategorized