Tips Untuk Mendapatkan Air Di Alam Bebas

Tips Untuk Mendapatkan Air Di Alam Bebas

Air merupakan hal penting yang harus kamu pertimbangkan dengan matang ketersediaannya saat kamu berada di alam bebas. Ketika habis tentu kita tidak bisa dengan mudah untuk mendapatkannya. Namun pada beberapa gunung tertentu ada sumber mata air yang dapat digunakan sebagai pengisi stok air selama pendakian. Berikut adalah tips yang bisa kamu perhatikan untuk mendapatkan air di alam bebas :

1. Tips menggunakan metode cekungan

Anda dapat menggunakan plastik yang cukup lebar untuk metode ini. Carilah tanah berlubang yang memiliki tumbuhan di dindingnya, atau bila Anda tidak menemukannya, buatlah lubang kemudian diisi dedaunan atau sejenisnya. Masukan tempat air di tengah lubang tersebut, lalu tutup lubang tersebut dengan plasti. Di tepian plastik, tambahkan bahan penahan agar plastik tidak jatuh. Lalu di tengah plastik, letakkan batu kecil untuk membuat cekungan pada plastik tersebut. Pastikan tempat air yang telah dimasukan ke dalam lubang tadi berada di bawah batu kecil tersebut.

2. Tips menggunakan metode transpirasi

Bungkuslah dedaunan yang bisa dijangkau oleh plastik tersebut. Buatlah lubang kecil di bagian bawah. Kemudian letakkan tampat air di bawah lubang tersebut. Sepanjang hari tanaman akan menghasilkan uap air yang disebabkan oleh sinar matahari.

3. Tips menggunakan metode lumut

Anda bisa menggunakan lumut untuk mendapatkan air. Bisa dengan cara menempelkan kain, kemudian menekannya, lalu peraslah air tersebut. Anda juga bisa melapisi lumut tersebut dengan beberapa kain bersih, lalu Anda bisa menyedot air langsung dari lumut tersebut.

4. Tips menggunakan metode pencarian

Carilah air di lekukan pohon, dedaunan yang cekung atau tempat-tempat yang biasa terjadinya pengumpulan air. Namun cara ini biasanya hanya terjadi saat baru terjadi hujan atau hanya di pagi hari.

Cara Mendapatkan Air di Alam Bebas

 

Posted Under
Uncategorized