Jenis Matras yang Bisa Digunakan untuk Mendaki

Jenis Matras yang Bisa Digunakan untuk Mendaki

sumber : hegatraveler.blogspot.com
sumber : hegatraveler.blogspot.com

Ketika bangun di pagi hari saat berkemah tanpa menyadari tiba-tiba Anda sakit punggung bukanlah  hal ini suatu pengalaman yang meyedihkan. Anda akan beruntung jika dapat tidur khususnya jika Anda mencoba untuk tidur di tanah yang keras. Anda dapat mencoba tidur di lantai di rumah sebelum berkemah atau Anda dapat menggunakan matras berkemah.

Sebelum Anda membeli matras, Anda harus tahu ukuran yang Anda butuhkan, tergantung pada tinggi Anda. Membawa tikar besar berarti lebih repot dan membawa salah satu yang terlalu kecil juga tidak akan berguna. Anda juga perlu menentukan untuk apa gunanya, apakah berkemah atau backpacking atau ekspedisi.

Kenyamanan menjadi prioritas ketika berat beban tidak bermasalah. Namun Backpacker perlu keseimbangan antara berat dan kenyamanan ketika memilih alas berkemah. Akan lebih berharga membawa beban tambahan setiap hari, untuk tidur yang baik di malam hari. Paling tidak Anda akan merasa lebih segar di pagi hari. Sebuah matras juga membuat Anda hangat di malam hari dengan menyediakan insulasi terhadap tanah yang dingin dan menjaga kantong tidur Anda dari kotoran. Beberapa matras juga dapat digunakan sebagai bingkai untuk ransel Anda.

sumber : infopendaki.com
sumber : infopendaki.com

Jenis matras berkemah

  • Bantalan busa (Foam Pads) adalah pilihan yang paling ringan dan termurah.  Beratnya tidak lebih dari setengah kilo. Bantalan ini memiliki kehangatan terbesar dan meskipun tidak memiliki kasur tiup. Untuk mendapat kenyamanan anda dapat menggunakan daun, rumput, dll atau menggunakan tanah lunak untuk menghemat berat tanpa mengorbankan kenyamanan. Keuntungan lain busa adalah bahwa tidak perlu khawatir tentang kebocoran alas. Ini adalah pilihan termurah untuk matras berkemah
  • Kasur tiup (Inflatable Mattress) dengan menggembungkan atau perlu dipompa. Jenis kasur ini jauh lebih nyaman daripada bantalan busa bahkan yang paling ringan. Kasur tiup beratnya tidak lebih dari setengah kilo. Kerugian terbesar dari matras jenis ini adalah bahwa ada risiko bocor sehingga penting untuk menjaga dengan hati-hati.

Menggunakan sebuah alas tidur adalah untuk menjaga kelembaban tanah, kantong tidur Anda dan matras. Untuk melindungi kantong tidur dan kasur tiup dari benda-benda yang tajam, alas tidur tersebut akan sangat dibutuhkan.

Sumber :

http://www.pecintaalam.net/matras-tidur/

 

Berikan rating?