Tips Mengelola Sampah Saat Mendaki Gunung

Tips Mengelola Sampah Saat Mendaki Gunung

sumber : travel.kompas.com
sumber : travel.kompas.com

Indonesia memiliki banyak aset negara berupa tempat-tempat wisata yang sangat indah. Namun sayang, banyak masyarakat kita yang tidak bisa menjaganya dengan baik. Sebenarnya jika kita bisa menjaganya,  keuntungan dari keberadaan tempat wisata tersebut juga akan dirasakan oleh masyarakat di sekitar tempat wisata tersebut. Salah satu permasalahan yang banyak dihadapi oleh tempat-tempat wisata di Indonesia adalah keberadaan sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Bahkan sampai ada kalimat yang berbunyi “jangan mendaki gunung kalau belum bisa membawa sampah kembali turun”. Berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan untuk mengelola sampah saat mendaki gunung :

  1. Kurangi membawa makanan kemasan

Kurangi membawa banyak makanan yang memiliki banyak kemasan. Mungkin kamu bisa mengakali dengan membawa satu jenis makanan saja namun dengan jumlah yang banyak. Hal tersebut tentu bisa meminimalisir jumlah sampah yang kamu hasilkan. Atau mungkin kamu bisa mebawa tempat makan yang tidak hanya sekali pakai, mungkin kamu bisa membawa kotak makan.

  1. Sediakan trash bag saat akan mendaki

Jangan lupa untuk selalu sediakan kantong plastik besar untuk tempat sampahmu selama kamu mendaki. Kantong plastik tersebut akan memudahkanmu untuk mengumpulkan dan membuangnya saat pulang dari mendaki. Bawalah bergantian jika kamu merasa berat membawanya sendirian pulang.

  1. Pisahkan sampah organik dan anorganik

Jika kita tidak malas untuk membaginya, maka beban kita untuk membawa kembali sampah akan berkurang. Hal tersebut disebabkan sampah organik yang kita hasilkan bisa kita kubur di dalam tanah dan sampah anorganik kita bawa pulang kembali.

  1. Bawa kembali sampahmu saat turun mendaki

Setalah kamu lakukan poin-poin diatas, kamu bisa membawa sampahmu kembali turun. Gunung bukanlah tempat pembuangan sampah. Seorang pendaki harusnya melakukan zero waste yaitu tidak boleh meninggalkan apapun di gunung. Kalau bukan kita yang melestarikan alam ini, siapa lagi?

 

Sumber :

http://www.travelmatekamu.com/2015/04/06/tips-mengelola-sampah-saat-mendaki-gunung/

http://travel.kompas.com/read/2014/07/01/1129291/Kiat.Mengelola.Sampah.Saat.Mendaki.Gunung

Berikan rating?