Tips Berlibur Saat Lebaran

Tips Berlibur Saat Lebaran

Liburan saat lebaran tentunya sangat menyenangkan, terlebih karena kita berpergian dengan keluarga besar yang jarang bertemu. Kebanyakan liburan saat lebaran datang, biasanya berakhir dengan sangat melelahkan karena jalanan yang sangat macet serta tempat wisata yang penuh sesak. Nah bagi anda yang ingin merencanakan liburan saat lebaran bersama keluarga, sebaiknya perhatikan tips merancang liburan saat lebaran dibawah ini agar liburanmu menjadi lebih menyenangkan serta tidak terlalu lelah. Beberapa tips merancang berlibur saat lebaran yang bisa kamu coba adalah :

  1. Manfaatkan Situs Traveling

Sebelum liburan datang, ada baiknya kamu membuka situs situs traveling yang sudah terintegrasi atau bekerja sama dengan biro perjalanan atau juga lokasi wisata. Ini akan sangat berguna untuk kamu dan keluarga agar tidak perlu repot repot mengantri ataupun kehabisan tiket.

  1. Susun Jadwal Perjalanan Dengan Bijak

Menyusun jadwal perjalanan dengan bijak ini juga tidak kalah penting. Kamu bisa memanfaatkan waktu liburan secara maksimal. Jadi tentukan objek wisata mana saja yang ingin dikunjungi baik bersama keluarga atau teman. Hal ini akan sangat membantu efisiensi waktu selama liburan, jadi kamu tidak akan kebingungan lagi setelah tiba ditempat tujuan.

  1. Booking Hotel

Jika ternyata libur lebaranmu harus ke tempat yang jauh dan memerlukan menginap, sebaiknya kamu perlu mem-booking hotel dari jauh jauh hari agar kamu bisa mendapatkan penginapan sesuai harapanmu.

  1. Buatlah Estimasi Biaya

Ini penting untuk kamu buat, karena bisa saja pengeluaran kamu akan lebih membengkak saat libur lebaran datang. Siapa yang tidak tahu bahwa saat lebaran datang semua harga menjadi sangat mahal? Nah ini lah yang sangat penting untuk kamu perhatikan bersama keluarga.

  1. Bawa uang tunai.

Bawa uang tunai secukupnya. Anda bisa perkirakan kira-kira membutuhkan uang tunai seberapa banyak. Memang, menggunakan kartu debet dan mesin ATM dapat memudahkan Anda. Hanya saja di obyek wisata yang ramai dikunjungi, antrean ATM pun tak terelakkan. Begitu pula penggunaan kartu kredit. Tidak semua hal bisa menggunakan kartu kredit. Membawa uang tunai juga bisa membantu Anda untuk tetap berwisata sesuai bujet. Oleh karena itu, perhitungkan kembali pos-pos pengeluaran apa saja yang akan Anda butuhkan.

  1. Jaga Kondisi Fisik dan Kendaraan

Saat kamu akan melakukan liburan di saat lebaran, tentunya fisik kamu harus 2 kali lipat lebih fit dari liburan pada hari biasanya. Ini karena saat lebaran datang, kondisi jalan akan sangat padat dan kemungkinan besar akan macet di jalan hingga berjam jam. Jika kondisi kamu tidak prima, kamu bisa sakit sebelum bisa menikmati liburan.

  1. Istirahat Jika Kamu Lelah Mengemudi

Nah sekarang kamu bisa mencoba tips merancang liburan saat lebaran seperti diatas. Jangan mencoba pergi saat lebaran dengan tanpa perencanaan matang, ini karena kamu hanya akan mendapatkan lelah karena jalanan yang sangat macet dan juga lokasi wisata yang begitu penuh sesak oleh wisatawan.

  1. Utamakan keamanan dan kenyamanan.

Jangan memaksakan diri untuk tetap berwisata ke suatu obyek wisata jika Anda merasa situasi keamanan yang tak memadai. Contohnya, akses jalan yang tak bagus menuju obyek wisata.  Bisa juga jika Anda merasa pengunjung begitu padat dan ramai, hingga membuat Anda merasa tak nyaman, maka tak perlu memaksakan diri untuk tetap berada di tempat tersebut. Bagaimanapun tujuan Anda dan keluarga adalah untuk bersenang-senang dan menikmati liburan.

 

Sumber :

http://perempuan.com/travelling/5-tips-merencanakan-liburan-saat-lebaran/

http://www.piknikdong.com/5-tips-pintar-merencanakan-liburan-saat-lebaran.html/5

http://travel.kompas.com/read/2012/08/20/15351612/Wisata.Saat.Libur.Lebaran.Ini.Triknya

 

 

Berikan rating?