Bagaimana Trip ke Bromo dari Kota Surabaya ?

Menikmati keindahan Bromo, tidak harus ambil cuti panjang. Libur weekend di sabtu-minggu bisa kamu manfaatkan kok. Untuk backpackr ke Bromo, kamu hanya membutuhkan waktu Sabtu (half day) dan Minggu (Full day). Nggak perlu cuti kan ?

Siapa yang belum pernah ke Bromo ? Bagi para pecinta wisata alam, Gunung Bromo adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup.

Memiliki pesona alam yang indah, Gunung Bromo juga jadi spot menyaksikan salah satu sunrise terbaik di Pulau Jawa. Menyajikan keindahan Negeri di atas awan yang siap menarik mata hati.

Ada banyak cara ke bromo , bisa via kota surabaya atau via kota malang . Namun saat ini kita akan bahas ke bromo dari kota surabaya.

  1. Sepeda Motor

Buat kamu yang berbudget minim dan berasal dari Jawa Timur, sepeda motor adalah pilihan utama. Semua kawasan Bromo, mulai dari Penanjakan 1, Kawah Bromo, Pasir berbisik, dan Savana, bisa kamu jelajahi dengan motor. Hindari menggunakan motor matic, karena jalan menuju Penanjakan 1 yang menanjak dan jalan di lautan pasir Bromo.

Kamu bisa berangkat pukul 22.00 dari Surabaya, dengan jarak tempuh 3 sampai 4 jam menuju Bromo. Setelah itu, kamu bisa istirahat dulu di desa Wonokerto untuk sekedar ngopi atau istirahat. Lebih baik kamu segera naik ke Penanjakan 1 pada pukul 02.00 agar tidak bersinggungan dengan Jeep. Setelah pukul 02.00 Jeep Bromo akan banyak yang masuk ke kawasan, dan akan menyulitkanmu yang naik sepeda motor. Debu-debu bakalan bertebaran di lautan pasir, dan jalur menuju Penanjakan akan sangat berbahaya karena penuh dengan Jeep.

  1. Transportasi Umum

Pertama, kamu harus ke Surabaya. Bisa naik kereta, atau pesawat, kereta memang lebih murah. Untuk kereta, kamu bisa naik kereta Kertajaya (ekonomi) dari Stasiun Pasar Senen-Stasiun Surabaya Pasar Turi. Setelah itu, kamu harus menuju ke Terminal Purabaya.Dari Pasar Turi, kamu bisa naik bus Kota. Dari bandara, kamu bisa naik Bus Damri ke Terminal. Dari Terminal Purabaya, langsung aja pilih bus ke Probolinggo.

Sesampainya di Terminal Probolinggo, kamu harus cari minibus menuju Bromo. Minibus ini biasa terletak di luar terminal, dan baru jalan kalau udah penuh. Jadi pak sopirnya bakalan nunggu sampai terisi penuh sekitar 10-15 orang dan hanya ada sampai jam 17.00.

Sesampai di Sukapura, banyak masyarakat yang menawarkan jasa penyewaan kendaraan jip yang bisa mengantar ke Bromo. Perlu diketahui, saat ini ada peraturan dimana yang boleh masuk ke area lautan pasir dan naik ke Penanjakan hanyalah kendaraan jip yang dikelola oleh masyarakat sekitar Bromo. Seperti halnya ojek, mereka punya kelompok dan pangkalan sendiri-sendiri.

Penginapan? Ada banyak pilihan. Mulai dari rumah penduduk, villa, sampai hotel berbintang ada di Bromo. Ada penduduk yang sengaja menyewakan beberapa kamar di rumahnya untuk wisatawan yang mau berhemat dengan kondisi seadanya.

 

Sumber : http://yusufsantoso.blogspot.com/2012/03/bagaimana-menuju-bromo.html

:http://pontinesia.com/featured/cara-backpacker-ke-bromo-buat-kamu-yang-berbudget-minim

 

Berikan rating?