Bunga Edelweis Khas Pegunungan

Bunga Edelweis Khas Pegunungan

Edelweis sering disebut sebagai bunga abadi, bunga ini biasnaya hanya tumbuh di ketinggian tertentu pada sebuah gunung dan untuk mendapatkannya kita harus mengeluarkan biaya dan tenaga yang tidak sedikit. Bunga Abadi ini biasanya dijadikan sebagai souvernir oleh para pendaki kepada teman-teman tercintannya yang tidak ikut mendaki gunung.

Dibeberapa pos penjagaan gunung sudah sejak lama biasanya diadakan operasi bagi pendaki yang baru turun gunung untuk melihat apakah dia membawa bunga cantik ini atau tidak dan kalau kedapatan memetik bunga ini digunung biasanya akan disuruh mengembalikan ketempat semula sebagai hukumannya.

Bau Aroma khas bunga edelweis ini biasanya  akan menjadi semacam penumbuh semangat bagi  para pendaki ketika sedang naik gunung, jadi mirip aroma terapi yang dapat memicu adreanalin dan memunculkan suasana tenang dan bahagia bagi orang yang menciumnya, selain hal tersebut bunga adelweis juga bisa menjadi pertanda bahwa seorang pendaki sudah sampai pada ketinggian tertentu disebuah gunung sehingga ketika ada pendaki baru yang menanyakan apakah kita hampir sampai puncak, jawabannya adalah edelweis adalah sebuah tanda bahwa kita hampir sampai puncak.

sumber : gondaloe.blogspot.com
sumber : gondaloe.blogspot.com

Edelweis merupakan bunga langka yang sering dijadikan souvenir dan di Dieng ternyata ada beberapa jenis bunga ini yang dapat diamati dari warnanya yang masih asli ( bukan dari bunga yang sudah diberi pewarna) aromanya dan jenisnya lebih mirip dengan edelweis dari pegunungan, dan walaupun bunga ini sudah dipetik tanpa air dapat bertahun tahun tidak layu dan aromanya pun bertahan sangat alami, oleh karena itu bunga ini disebut sebagai bunga abadi.

Edelweis Dieng ini dijual secara bebas oleh pedagang di Dieng, dan memang sepertinya  tidak ada larangan akan hal tersebut, karena tumbuh dengan subur dan cukup banyak di Gunung Bromo, Gunung Prahu, Gunung Pakuwojo, Gunung Kelud, dan lainnya. Bunga Abadi ini bisa dijadikan souvenir yang cantik untuk teman-teman kita yang belum sempat naik puncak gunung.

Sumber :

http://paketwisatatourdieng.com/dieng/?p=22

https://cicisucimaulina275.wordpress.com/2015/10/21/flora-gunung-edelweiss-jawa-anaphalis-javanica-kenapa-disebut-bunga-abadi/

Berikan rating?