Jenis Pasak Tenda Dan Cara Memasangnya

Jenis Pasak Tenda Dan Cara Memasangnya

Salah satu kemampuan yang harus kamu ketahui untuk survive di alam bebas adalah jenis pasak pada tenda ini. Teknik ini merupakan salah satu teknik kepramukaan yang biasanya wajib diketahui oleh seorang anggota pramuka. Perlu adanya penenalan berbagai macam jenis pasak pada tenda sehingga kita dapat menggunakannya sesuai situasi dan kondisi yang ada. Selain harus mengenali jenisnya, kita pun dapat mempraktekkan bagaimana cara memasang pasak yang baik dan benar. Jenis pasak dan cara pemasangan yang benar akan menentukan kekuatan dan kerapian tenda yang didirikan.

Pasak merupakan sejenis paku yang terbuat dari besi, alumunium, kayu, bamboo atau bahan lainnya yang dapat digunakan untuk menautkan tali pengekang pada tenda. Sehingga dapat dikatakan juga bahwa pasak digunakan sebagai salah satu perlengkapan utama dalam mendirikan tenda selain tenda dan tali itu sendiri. Berikut adalah jenis pasak tenda dan cara memasangnya :

Jenis pasak dibedakan berdasarkan bahan dan bentuknya. Menurut bahan pembuatnya, pasak tenda terdiri atas pasak yang terbuat dari besi, alumunium, kayu atau papan, bamboo dan ranting pohon. Pasak dari besi dan alumunium pada umumnya memiliki harga yang lebih mahal namun memiliki beberapa kelebihan antara lain lebih kuat, awr dan dapat digunakan berulang kali, praktis digunakan, dibawa dan disimpan. Apalagi pasak yang terbuat dari alumunium memiliki berat yang ringan namun tetap kuat.

sumber : pramukaria.blogspot.com
sumber : pramukaria.blogspot.com

Sedangkan pasak dari kayu, papan, bamboo dan ranting ohon lebih murah dan dapat dibuat sendiri dengan mudah. Namun kelemahan dari pasak tersebut adalah kekuatannya yang kurang, tidak tahan lama (untuk pemakaian berulang kali), mudah rusak dan tentunya kurang praktis jika harus dibawa atau menyimpannya.

Sedangkan bentuk pasak untuk tenda terdiri atas bagian “kepala pasak”, “badan pasak”, dan “ujung pasak”. Kepala pasak adalah bagian untuk menautkan tali sehingga dibentuk sedemikian rupa agar tali bisa tertambat dengan kuat dan tidak mudah terlepas. Sedangkan ujung pasak dibuat lancip atau runcing untuk memudahkan saat membenamkan pasak ke dalam tanah. Badan pasak sendiri umumnya berukuran antara 18 – 35 cm. Panjangnya ini disesuaikan dengan kondisi tanah tempat mendirikan tenda.

Cara Memasang Pasak

Cara memasang pasak tenda adalah sebagai berikut:

  1. Tancapkan pasak pada tanah dengan posisi miring antara 300 – 450 berlawanan dengan arah datangnya tali. Jangan memasang pasak dengan posisi tegak, terlalu miring, atau bahkan miring ke arah tali (sejajar dengan tali) karena akan mengurangi kekuatan sehingga akan mudah tercabut.
  2. Tancap pasak hingga tersisa bagian kepala pasak dan sedikit badan pasak
  3. Ikatkan tali pengekang tenda (sebelumnya tali harus hiikat terlebih dahulu ke tenda atau tiang) dengan menggunakan simpul pangkal
  4. Atur sedemikian rupa agar tali dapat terkekang dengan kuat dan kencang
  5. Jika ternyata pasak tersebut ditancapkan pda tanah yang terlalu lunak atau kondisi yang berangin kencang, kamu dapat menggunakan pasak ganda. Letak dari pasak kedua berada di sebelah depan pasang pertama. Cara menalinya, tali dari tenda disimpul pasak pertama dan kemudian ujung sisanya disimpul lagi di pasak kedua. Keduanya menggunakan simpul pangkal.

Sumber :

http://pramukaria.blogspot.co.id/2014/01/jenis-pasak-tenda-dan-cara-memasangnya.html

Berikan rating?