Kapan sebaiknya kita harus memperpanjang paspor?

Kapan sebaiknya kita harus memperpanjang paspor?

Paspor memiliki masa berlaku sama dengan kartu identitas lain yaitu selama lima tahun. Pemilik pasporpun juga harus memperpanjang masa berlaku paspor agar tetap bisa digunakan. Namun, kapan sebaiknya kita memperpanjang masa berlaku paspor?

Jika kita ingin memperpanjang masa berlaku paspor, maka kita memiliki jangka waktu minimal selama enam bulan sebelum masa berlaku paspor habis. Alasannya adalah karena maskapai penerbangan hanya mau menerima penumpang yang berpaspor minimal masa aktif enam bulan sebelum masa berlaku habis. Maskapai penerbangan bisa menolak penumpang kalau masa berlaku paspor sudah mau habis. Hal tersebut dilakukan maskapai karena jika pemilik paspor kehabisan masa berlaku di negara lain, maka maskapai yang bersangkutan harus mengembalikan penumpang tersebut ke negara asalnya. Sehingga maskapai merasa rugi jika harus membawa penumpang yang bermasalah.

Sedangkan untuk maksimal perpanjangan paspor adalah satu tahun sebelum masa berlaku paspor tersebut habis. Karena ada beberapa negara tertentu yang mengisyaratkan masa berlaku paspor satu tahun sebelum habis. Selain itu, jika ternyata kita kehabisan halaman pada paspor, maka kita perlu memperpanjang masa berlaku paspor karena sebaiknya halaman paspor kita sisakan kurang lebih tiga halaman.

Sumber :

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/05/kapan-sebaiknya-perpanjang-paspor

Berikan rating?