Lokasi Dan Akses Menuju Air Terjun Madakaripura

Lokasi Dan Akses Menuju Air Terjun Madakaripura

sumber : piknikasik.com
sumber : piknikasik.com

Air Terjun Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, kamu bisa memulainya dari Malang atau Surabaya. Air terjun yang terletak di Probolinggo ini dikenal sebagai air terjun tertinggi di pulau Jawa dan nomer dua di Indonesia dengan ketinggian 200 meter. Dan nama obyek wisata ini berarti “tempat terakhir” karena diyakini sebagai tempat semedi Mahapatih Gajah Mada dan akhir hayatnya di sini.

Lokasi air terjun yang berada di kecamatan Lumbang di Probolinggo. Jika anda melakukan perjalanan wisata ke gunung Bromo, maka Obyek indah ini berjarak hanya 5 KM dari jalan raya menuju kawasan wisata tersebut (desa Sukapura). Jadi sangat tepat jika anda menjelajah ke air terjun Madakaripura ini setelah melihat keindahan gunung indah tersebut. Jarak dari Bromo, waktu tempuhnya sekitar 45 menit hingga sampai di tempat ini.

sumber : www.youtube.com
sumber : www.youtube.com

Namun jika lokasi ini ditempuh dari Surabaya, maka waktu yang dibutuhkan adalah 3 jam dengan rute : Surabaya – Sidoarjo – Porong – Pasuruan – Probolinggo – Tongas – di pertigaan pilih ke arah Air Terjun Madakaripura atau belok kanan (20-30 menit) – menuju Kecamatan Lumbang – dekat Pasar Lumbang belok kanan – ikuti arah menuju air terjun – Pintu Masuk Air Terjun Madakaripura – tempat parkir – jalan kaki sejauh 1 km melalui jalan setapak menuju lokasi. Biaya tiket masuk Air Terjun Madakaripura adalah Rp 5.000* per orang dan Rp 3.000* untuk parkir motor. Di pintu gerbang Air Terjun Madakaripura, bisa jadi kamu akan ditawari pemandu wisata yang akan mengantarkanmu ke lokasi air terjun, sekaligus sebagai carrier kalau kamu bawa banyak barang dengan tarif Rp10.000* – Rp20.000* untuk 1 x jalan (bisa dinegosiasi). Daripada tersesat, lebih baik kamu tawar-menawar dengan pemandu tersebut karena dari pintu masuk ke Air terjun memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Sumber : http://www.pegipegi.com/travel/air-terjun-madakaripura-probolinggo-jawa-timur/

http://andikaawan.blogspot.co.id/2014/03/air-terjun-madakaripura-keindahan.html

https://www.wisatania.com/persiapan-jelajah-air-terjun-madakaripura-di-probolinggo

Berikan rating?