Mendaki Dengan Sandal Gunung Atau Sepatu Gunung

Mendaki Dengan Sandal Gunung Atau Sepatu Gunung

Alas kaki merupakan hal yang perlu kita perhatikan selama pendakian berlangsung, secara tidak langsung alas kaki memberikan faktor kenyamanan pada kaki kita. Sebenarnya pemilihan jenis alas kaki baik sepatu maupun sandal gunung merupakan preferensi masing-masing pendaki karena kenyamanan yang dirasakan setiap orang berbeda. Namun sebagai pendaki juga perlu mempertimbangkan faktor lain seperti medan dan lama pendakian. Berikut mimin akan memberikan pertimbangan untuk sandal gunung ataukah sepatu gunung :

  1. Sandal Gunung

sumber : consina.blogspot.com
sumber : consina.blogspot.com

Salah satu kelebihan sandal yang disukai oleh para pendaki adalah bobotnya yang ringan dan sangat fleksibel jika digunakan pada medan yang basah / berlumpur.

Dari bentuknya, sudah bisa kita simpulkan bahwa sandal gunung tidak bisa menutupi seluruh bagian kaki, jadi bisa saja kaki kita mengenai duri atau kerikil yang tajam. Namun biasanya untuk hal tersebut para pendaki mengatasinya dengan kaos kaki yang cukup tebal. Selain itu, kamu perlu memperhatikan kuku kaki sebelum mendaki gunung karena banyak kejadian pendaki yang menggunakan sandal harus kehilangan kukunya karena tersandung sesuatu.

  1. Sepatu Gunung

sumber : fjb.kaskus.co.id
sumber : fjb.kaskus.co.id

Pada dasarnya mendaki dengan sepatu akan lebih aman karena bisa melindungi seluruh bagian kaki. Karena selama perjalanan kita tidak mungkin mengawasi seluruh hal-hal kecil yang ada di pinggir jalan, bisa saja ada kerikil atau duri tajam yang sewaktu-waktu bisa mengenai kaki kita. Adapula kelebihan dari sepatu gunung adalah mampu melindungi kaki kita untuk tetap hangat. Kaki merupakan salah satu bagian badan yang sangat sensitif terhadp suhu. Tidak jarang kram bisa menyerang kaki kita jika kita sudah tidak bisa menahan dingin.

Namun kekurangan dari sepatu gunung adalah bobotnya yang cukup berat dibanding dengan sandal gunung. Selain bobot, medan yang berair atau basah juga akan menyulitkan kita yang menggunakan sepatu gunung.

sumber : http://argopura.blogspot.co.id/2013/11/mendaki-dengan-sandal-gunung-atau.html

Berikan rating?