Tips Berhemat Saat Menjadi Backpacker

4.25/5 (4)

Tips Berhemat Saat Menjadi Backpacker

Perjalanan menjadi backpacker menuntut kita untuk berhemat dengan kondisi apapun karena pasti uang dan fasilitas yang kita miliki juga terbatas. Berikut adalah tips-tips berhemat yang bisa kamu pertimbangkan ketika kamu menjadi backpacker :

 

  1. Selektif dalam memilih kendaraan umum yang akan menjadi sahabat kamu selama perjalanan

sumber : maskomuter.wordpress.com
sumber : maskomuter.wordpress.com

Salah satu poin yang menjadi pertimbangan sebuah perjalanan adalah biaya transportasi yang digunakan selama perjalanan. Jika kamu memang berniat untuk melakukan backpacker, maka persiapkan rencana tersebut dari jauh-jauh hari karena tentu harga tiket transportasi utama yang kamu gunakan akan semakin murah. Dan tentu siapa tau kamu akan mendapatkan promo tiket perjalanan.

  1. Singkirkan dahulu pikiran “mewah”

sumber : www.vemale.com
sumber : www.vemale.com

Poin-poin dibawah ini akan membuat kamu menghilangkan istilah mewah selama menjadi seorang backpacker. Bukan tanpa alasan, karena niat awalmu adalah menjadi seorang backpacker. Jika tidak siap untuk “tidak mewah”, maka lebih baik urungkan niatmu untuk menjadi backpacker.

  1. Kaki yang akan lebih banyak berjalan dari sebelumnya

sumber : sentralfitnes.com
sumber : sentralfitnes.com

Yang biasa kemana-kemana naik mobil, kamu perlu pikir ulang ketika kamu harus menjadi seorang backpacker. Bersahabat dengan asap kendaraan, panasnya matahari dan tentu fasilitas-fasilitas umum yang memiliki harga lebih murah. Siapkan fisik yang baik sebelum kamu menjadi backpacker di kota orang.

  1. Banyak bergaul dengan orang-orang yang kamu temui selama perjalananmu

sumber : www.merdeka.com
sumber : www.merdeka.com

Jangan salah, selama kamu perjalanan itu kamu akan menemukan bermacam sifat orang. Dan tentu kamu tidak akan jauh-jauh dari pertolongan mereka. Misal saja ketika kamu menanyakan arah jalan tercepat. Kamu perlu sekali-sekali untuk basa-basi dengan mereka tentu untuk mengakrabkan diri dan menggali informasi sebanyak-banyaknya.

Mayoritas masyarakat Indonesia memiliki sifat ramah. Siapa tau ngobrol-ngobrol terus dikenalin sama anaknya Bro? Kan lumayan bisa jadi gebetan :p

  1. Gratisan? Udah jangan malu

sumber : habibi77.mywapblog.com
sumber : habibi77.mywapblog.com

Kadang merasa gengsi tapi dalam hati mau, hehehe. Anggap saja apa yang gratisan itu adalah rejeki. Semacam beli minuman botol 2 gratis 1 botol. Siapa tahu seperti yang sudah mimin jelaskan di tips yang nomer 4, kamu bisa mendapatkan fasilitas gratis selama perjalanan backpackermu. Contohnya penginapan dan sewa sepeda motor gratis :p

Selain itu, carilah colokan listrik gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengisi daya powerbank dan tentu gadgetmu.

  1. Atur pengeluaranmu dengan baik

sumber : hotthreadsid.wordpress.com
sumber : hotthreadsid.wordpress.com

Ini adalah poin terpenting dari sekian tips-tips yang ada. Kamu harus selalu “aware” dengan pengeluaran apa saja yang perlu kamu lakukan selama perjalanan. Contoh mudahnya adalah jangan terlalu mudah untuk membeli oleh-oleh. Beli-lah oleh-oleh secukupnya saja. Selain itu, bawalah uang secukupnya saja di dompet karena hal tersebut akan membantumu untuk memikirkan kembali pengeluaran apa saja yang akan kamu lakukan.

Berikan rating?