Tips Eksplorasi Menuju Kawah Bromo

4/5 (1)

Tips Eksplorasi Menuju Kawah Bromo

sumber : boystuffreview.com
sumber : boystuffreview.com

Gunung berapi yang puncaknya mudah diraih yaitu gunung Bromo. Tidak memerlukan waktu berhari-hari seperti halnya gunung berapi lainnya. Jika ingin menuju puncak dan melihat Kawah Bromo, persiapkan beberapa hal berikut : baju/jaket tebal dan celana hangat(no jeans), sepatu gunung, masker, sarung tangan, kacamata hitam bila silau, air minum dan fisik yang fit.

Persiapan fisik yang baik akan membantu mempermudah travellers menuju puncak Bromo. Sebaiknya seminggu sebelum tour, travellers sudah berlatih fisik seperti lari/jalan pagi dengan jarak tempuh 3Km. Kenapa harus minimal 3-4Km? Karena jarak dari pemberhentian jeep hingga ke puncak sekitar 2-3Km dan menaiki anak tangga yang cukup melelahkan. Kegunaan lainnya yaitu dapat mengatur ritme perjalanan, menyetabilkan pernapasan dan menyehatkan kerja jantung.

sumber : www.hanovia.com
sumber : www.hanovia.com

Travellers yang baru pertama kali mengunjungi Bromo tentunya tak ingin melewatkan kesempatan mendaki ke puncak Bromo. Jarak dari parkiran bromo menuju anak tangga Gunung Bromo sekitar 2Km. Bagi yang ingin merasakan sensasi berjalan kaki menuju puncak, ada baiknya persiapkan air minum agar terlepas dari dehidrasi. Cukup membawa air mineral 600ml per orang.

Selain itu travellers juga perlu mempersiapkan kebutuhan logistik selama perjalanan menuju dan kembali dari kawah. Bawalah makanan ringan seperti roti maupun snack. Pilihlah yang mengandung karbohidrat agar menambah energimu. Bila merasa sulit, dapat pula istirahat sejenak di warung suku Tengger. Disana juga menyediakan minuman/makanan hangat pelepas dahaga dan penambah energi.

salah satu profesi suku tengger
salah satu profesi suku tengger

Berkunjung ke Kawah Bromo memang menyenangkan. Apalagi bisa menuju puncak bersama-sama keluarga maupun orang terkasih. Kendala yang biasa dihadapi adalah jarak yang cukup jauh sekitar 2Km demi melihat Kawah bromo. Alternatif yg bisa ditawarkan yaitu menggunakan jasa sewa Kuda. Bisa memanfaatkan jasa dari parkiran jeep atau dari batas Pura Luhur Poten. Pintarlah dalam tawar menawar harga dengan si pemilik.

Merasa penasaran dengan berapa jumlah tepat anak tangga menuju puncak Bromo? Travellers tidak perlu bersusah payah untuk dapat menghitung secaa manual sudah berapa banyak anak tangga yang dipijak. Bawa saja alat hitung/handcounter untuk memastikannya. Siapa tahu Travellers mampu membuktikan kebenaran 250 anak tangga Bromo.

Berikan rating?