Tips Melakukan BAB Pada Saat Mendaki Gunung

Tips Melakukan BAB Pada Saat Mendaki Gunung

BAB merupakan hal alamiah yang dialami oleh manusia. BAB juga menunjukkan bahwa proses pencernaan kita lancar. Namun apa jadinya jika saat mendaki kita ingin melakukan BAB ? memang menjadi tantangan tersendiri jika saat kita berada di alam bebas, kita harus melakukan hal yang ‘sakral’ tersebut. Sebisa mungkin kamu harus melakukannya jauh-jauh dari lokasi camping ataupun lokasi yang sering dilewati oleh pendaki. Dan juga, jangan sampai kamu merusak alam sekitar yang ada termasuk membuang sampah sembarangan. Berikut adalah tips melakukan BAB pada saat mendaki gunung :

  1. Jangan buang air besar di lokasi yang sering dilewati atau dekat dengan lokasi camping

Cari lokasi yang sedikit tersembunyi dan jauh dari jalan setapak utama yang biasanya dilewati pada pendaki dan tentunya jauh dari lokasi para pendaki biasa mendirikan tenda. Aturan tersebut memanglah tidak tertulis, namun hal tersebut tentu akan mempengaruhi kepada sesame pendaki.

  1. Jangan buang air besar di dekat sumber air

Air merupakan hal vital yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Merupakan hal bodoh jika kamu dengan sengaja melakukan BAB di dekat sumber iar atau bahkan di aliran sungai tersebut. Gunakan air tersebut dengan cara masukkan ke dalam wadah dan bawa wadah tersebut ke tempat kamu akan melakukan BAB.

  1. Kamu harus melakukan survey lokasi untuk memastikan bahwa lokasi tersebut aman

Tidak ada salahnya jika kamu melakukan hal tersebut ketika akan mendirikan tenda. Hal ini cukup berguna agar kamu tidak perlu terburu-buru mencari tempat lagi ketika hendak BAB. Kamu perlu mencari lokasi yang agak terlindung pepohonan dan tidak gampang dilihat oleh orang lain. Selain itu, pastikan supaya cukup aman untuk ditempati baik dari ancaman binatang, tumbuhan berduri ataupun longsoran tanah.

  1. Jangan lupa membawa tisu basah, hand sanitizer dan alat penggali

Alat penggali tidak mutlak kamu bawa karena alat tersebut dapat diganti dengan ranting atau kayu-kayu disekitar hutan. Ada baiknya kamu tetap menggunakan air sebagai alat basuh utama dan tisu basah sebagai alat pembersih pelengkap. Dan terakhir, gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tanganmu supaya terhindar dari kuman.

  1. Buatlah sebuah galian dan kemudian pastikan untuk kamu tutup kembali setelah kamu gunakan

Untuk kedalaman lubang yang perlu kamu gali adalah sekitar 10 – 15 cm. Jarak tersebut merupakan standar aman  untuk membuang limbah kotoran manusia. Setelah itu, pastikan bahwa kamu telah menguburnya dengan baik, rapat dan tidak ada celah. Padatkan galian yang sudah kamu tutup tersebut dengan cara menginjaknya menggunakan kaki agar lebih tertutup.

  1. Ajaklah satu teman yang kamu percaya untuk menemanimu

Ada pendaki yang merasa malu karena hal ini merupakan privasi, namun ada pula yang merasa takut karena merasa tidak aman jika sendiri. Namun sebaiknya kamu mengajak teman karena tidak ada yang tahu jika ada sesuatu yang tidak terduga yang kamu alami.

Sumber :

http://www.greencampusoutdoor.com/2015/09/tips-bab-saat-di-gunung.html

Berikan rating?