Tips Menghemat Baterai Kamera Saat Travelling

Tips Menghemat Baterai Kamera Saat Travelling

Travelling tanpa kamera? Wah sepertinya kurang afdhol momen perjalananmu. Sudah jauh-jauh dan menghabiskan banyak budget, maka ada baiknya kamu mengabadikan momen perjalananmu. Namun lagi-lagi jika hanya karena hal sepele seperti baterai yang mendadak habis, bisa jadi momen tersebut bisa menjadi momen menyebalkan karena kamu tidak bisa merekam momen-momen yang keren yang mungkin tidak akan kamu jumpai di kesempatan lain. Berikut adalah tips menghemat baterai kamera saat traveling :

  1. Hindari penggunaan fitur auto focus di kamera anda

Memang untuk menggunakan manual focus akan sedikit merepotkan dan menyulitkanmu. Namun jika kamu terus-menerus mau melatih dan belajar, kamu akan terbiasa.  Hasilnya  tentu bisa lebih baik ketimbang menggunakan auto fokus.

  1. Jangan gunakan flash internal, atur ISO nya saja

Hasil fotomu kurang terang? Kamu cukup atur saja ISO nya supaya hasilnya bisa maksimal. Jika flash internal kamu gunakan terus menerus, bateraimu dapat terkuras. Namun, jika sesekali, kamu tidak perlu mengkhawatirkannya.

  1. Jangan terlalu sering melihat hasil fotomu dan matikan system pratinjau di kameramu

Tahanlah hasrat untuk melihat hasil jepretanmu, apalagi setiap 1 jepret kamu mengecek hasilnya. Sedangkan saat itu kamu punya 1000 foto dalam memori kameramu. Sesekali namun tidak terlalu sering, bisalah untuk ditoleransi. Selain itu, banyak kamera yang memperlihatkan hasil jepretan secara otomatis. Sistem ini sedikit banyak menyumbang penggunaan daya baterai kamera yang cukup banyak. Kamu bisa mereset ulang pengaturan difault ini biar bateraimu awet.

  1. Jangan terlalu sering menggunakan live view

Inti dari hemat baterai di kamera adalah tidak menggunakan layar lcd kamera terlalu sering. Sehingga, ada baiknya kamu meminimalisir penggunaannya.

  1. Memotretlah di momen-momen penting saja

Jangan sampai kamu merekam momen di setiap langkahmu. Selain untuk hemat baterai, kamu bisa menghemat kapasitas memori cardmu.

  1. Segera matikan kamera setelah selesai memotret

Jika benar-benar sudah tidak menggunakannya kembali dalam jangka lama, jangan lupa untuk mematikannya. Namun jika kamu masih menggunakannya dalam suatu momen tertentu, kamu bisa membiarkannya idle tanpa mengaktifkan fitur layar lcd di kamera.

  1. Matikan image stabilizer / vibration reduction dan sensor cleaning pada kameramu

Ini adalah solusi terakhir yang bisa kamu lakukan jika baterai kameramu berada di titik penghabisan. Karena IS / VR tentu dapat membantumu dalam memotret, namun ingat jika fitur ini hanya kamu butuhkan jika kamu menggunakan shutter speed rendah. Begitu juga dengan sensor cleaning  yang memang tidak dimiliki oleh semua kamera, namun jika sistem ini ada di kameramu, sebaiknya kamu mematikannya karena sistem ini lumayan mempercepat konsumsi baterai.

http://phinemo.com/cara-menghemat-baterai-kamera-digital-agar-tetap-bisa-eksis-saat-traveling/

Berikan rating?