Tips Menghindari Kejahatan Di Kereta Api

Tips Menghindari Kejahatan Di Kereta Api

Kereta api merupakan salah satu mode transportasi umum favorit diantara para pelancong. Apalagi saat ini PT.KAI secara terus menerus memperbaiki pelayanan yang ada demi kepuasan penumpang. Namun, ternyata mode transportasi ini juga tidak selalu bersih dari yang namanya aksi kejahatan. Berikut adalah tips menghindari kejahatan di kereta api :

  1. Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela

Selain memang duduk di dekat jendela lebih nyaman, ternyata duduk di sebelah jendela bisa menghindarkan kita dari orang yang bertangan jahil atau berniat jahat kepada kita. Duduk di sebelah lorong kereta api memang lebih beresiko mengalami kejahatan. Jika kita lengah, bisa saja barang yang kita bawa menjadi sasaran empuk para pelaku tindak kejahatan.

  1. Berpakaian yang sewajarnya dan jangan memakai perhiasan yang berlebihan

Yang berlebihan memang tidak pernah baik, salah satunya adalah memakai perhiasan berlebihan. Gunakanlah perhiasan tersebut sewajarnya karena kejahatan bisa datang kapanpun. Bahkan kita sendiri bisa memancing orang yang tidak berniat jahat menjadi memiliki niat jahat karena mereka melihat ada kesempatan.

  1. Jangan tidur

Salah satu solusi untuk mencegah tindak kejahatan tersebut adalah dengan tidak tidur di dalam kendaraan umum. Namun jika kamu benar-benar mengantuk, kamu bisa tetap mengamankan barang bawaanmu. Jangan tidur sambil memegang ponsel di tangan. Jika kamu travelling dengan banyak temanmu, buatlah jadwal menjaga barang secara bergilir.

  1. Letakkan tas kamu di bawah kaki

Gunakan tasmu sebagai sandaran kaki, sehingga jika ada orang yang menariknya maka kamu mau tidak mau akan menyadarinya. Jika perlu, ikat tas tersebut di kakimu. memang nampak berlebihan, namun hal tersebut perlu kamu coba jika barang yang kamu bawa memang benar-benar berharga. Atau kamu bisa menggunakan rak penyimpanan barang untuk meletakkan barangmu dan kemudian ikatlah barangmu di rak tersebut.

  1. Gunakan tas sebagai bantal

Kamu bisa menggunakan tasmu sebagai sandaran atau bantal. Cara ini dinilai cukup efektif mengingat pencuri juga tidak mungkin mengambil tas dari sandaranmu. Namun hal ini tidak berlaku jika tasmu adalah tas ransel 60 liter.

  1. Waspadalah di setiap pemberhentian kereta

Modus ini ternyata sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Jadi, ketika kereta berhenti, semua orang yang tadinya tertidur pulas akan mulai terbangun. Namun pencuri-pencuri tersebut tidak kalah pintar. Mereka tidak akan mencuri tepat saat pemberhentian, biasanya mereka akan memulai aksi pencurian beberapa menit setelah kereta mulai berjalan lagi. Sehingga tips yang bisa kamu gunakan adalah, jangan langsung tertidur ketika kereta mulai berjalan. Gunakan aktivitas lain supaya kamu tidak tertidur.

Cara Menghindari Kejahatan di Kereta Api

Berikan rating?