Tips Mengurangi Jet Lag

Tips Mengurangi Jet Lag

Jet lag dapat diartikan sebagai mabuk pasca terbang atau dalam istilah medis disebut dengan desinkronosis. Jet lag merupakan kondisi fisiologis yang terjadi akibat gangguan terhadap ritme sirkadian tubuh.

Beberapa tanda yang dirasakan jika kamu mengalami jet lag adalah kelelahan, insomnia, mual, pusing, otot terasa sakit dan bermacam gejala lainnya. Memang tak semua orang memiliki ketahanan tubuh yang baik ketika harus melintas menembus awan dan melawan zona waktu yang berbeda saat naik pesawat menuju ke suatu tempat yang baru. Perlu kamu ketahui bahwa gejala jet lag dapat menyerang 1-2 hari lamanya. Berikut adalah tips mengurangi jet lag :

  1. Cobalah untuk menyesuaikan jam pribadi kamu. Dari jam tidur hingga jam makan kamu. Kamu bisa memulainya dengan tidur dan bangun lebih awal sebelum menaiki pesawat. Begitu pula dengan jam makan kamu.

  2. Untuk mencegah tanda-tanda jetlag yang sudah disebutkan diatas, kamu bisa mengkonsumsi suplemen yang kaya akan melatonin atau mengkonsumsi pil tidur. Jangan lupa untuk membawa air putih agar tidak terkena dehidrasi yang juga akan menyebabkan jet lag. Melatonin adalah hormone yang dikeluarkan tubuh pada malam hari yang berfungsi memberi tahu otak jika tubuh membutuhkan tidur

  3. Sedangkan alternative lain yang bisa kamu gunakan adalah memilih jadwal penerbangan malam yang otomatis malam hari adalah jam istirahatmu. Sehingga kamu dapat beristirahat selama perjalanan berlangsung.

Kemudian, jika ternyata kamu sudah terlanjur merasakan jet lag, kamu bisa melakukan hal berikut ini untuk mengatasinya :

  1. Jangan langsung tidur saat sampai di tempat tujuan kamu

Tidur ternyata dapat memperburuk kondisi jet lag mu. Cara efektif yang bisa kamu lakukan adalah dengan langsung melakukan aktifitas sehari-hari di tempat tujuanmu yang bertujuan sepaua kamu terbiasa dengan suasana di tempat tujuan kamu.

  1. Hindari minum minuman yang mengandung kafein dan alcohol

Kafein dan alkohol adalah dua minuman yang ampuh dalam mengacaukan jam tidur. Bisa di bilang, ritme tidur kamu malah akan sangat berubah akibat kafein dan alkohol, butuh wajtu 5-7 jam untuk menghilangkan pengaruhnya.

  1. Konsumsi suplemen melatonin

Suplemen melatonin cukup bermanfaat jika kamu memiliki masalah jet lag

  1. Paksa tubuhmu untuk menyesuaikan jam makan dan jam tidur di tempat tujuanmu

Karena dengan menyesuaikan jam makan dan jam tidur kamu, otomatis kamu akan terbiasa dengan jam aktivitas di tempat tujuan kamu dan bisa dipastikan gejala jet lag akan pergi dengan sendirinya.

  1. Lakukan terapi cahaya

Membiarkan agar kulit terpapar sinar matahari, akan membuat tubuh cepat beradaptasi, meski awalnya cukup berat.

http://phinemo.com/trik-agar-stamina-tetap-prima-saat-traveling/

Berikan rating?