Tips Menjadi Team Leader Saat Mendaki Gunung

Tips Menjadi Team Leader Saat Mendaki Gunung

partner mendaki 1

Sadar atau tidak sadar, kita memerlukan seorang team leader yang nantinya bertugas untuk mengkoordinasi anggota tim pendakian yang lain. Biasanya team leader dipilih dari mereka yang memiliki pengalaman pendakian sebelumnya. Tidak hanya butuh hardskill, namun team leader juga harus memiliki softskill supaya benar-benar dihormati oleh seluruh anggota kelompok. Berikut adalah tips menjadi team leader saat mendaki gunung :

  1. Tentukan target pendakian dengan tepat

Sesuaikan target pendakian dengan tepat, sesuaikan dengan kemampuan anggota pendakian yang kamu pimpin. Tetap utamakan keselamatan bersama dibandingkan yang lain. Jangan paksakan ambisi atau egoismu, karena nantinya hal tersebut bisa menjadi bumerang unruk dirimu sendiri.

  1. Tentukan batas anggota kelompok

Terlalu banyak anggota kelompok juga kurang baik dalam pendakian karena dapat menyulitkan dan merepotkanmu dalam mengontrol mereka. Cobalah bentuk grup yang maksimal beranggotakan 5 orang saja.

  1. Mengutamakan solidaritas anggota tim

Sesuaikan kemampun fisik, skill dan pengalaman mendaki anggota pendakianmu dan berikanlah mereka beban yang setara dengan hal-hal tersebut. Kamu harus mengenali mereka terlebih dahulu supaya kamu bisa tepat dalam memberikan beban pendakian ke mereka. Dengan mengenali dan memahami satu sama lain maka diharapkan timbul solidaritas satu sama lain.

  1. Jagalah keharmonisan dan komunikasi

Ajaklah mereka untuk berkomunikasi dan biasakan mereka terbuka supaya tidak ada salah satu dari anggota pendakian menyimpan kekesalan padamu. Dengarkan setiap keluhan yang ada dan berlakulah bijak terhadap keluhan yang ada. Selain itu, sering-seringlah bertanya kondisi mereka saat pendakian berlangsung. Hal itu akan membantumu mengontrol kondisi mereka.

  1. Tau mana kesalahan yang bisa di toleransi dan tidak bisa ditoleransi

Ada beberapa hal yang kamu tau hal tersebut salah, namun ternyata anggota kelompokmu tidak mematuhinya. Biarkan mereka melanggarnya, terkadang belajar dari kesalahan itu juga perlu. Namun ada pula kesalahan yang tidak bisa ditolerir yaitu membuang sampah sembarangan saat pendakian atau melakukan vandalisme selama perjalanan.

Sumber : http://www.bluetripper.com/2015/07/tips-menjadi-leader-pendakian.html

Berikan rating?