TIPS PERSIAPAN WISATA BROMO

4.73/5 (15)
sumber : boystuffreview.com

 

TIPS PERSIAPAN SHOLAT SUBUH DI PENANJAKAN BROMO

  1. Sebisa mungkin sudah memiliki wudhu saat singgah di villa transit. Apabila batal wudhu, tidak perlu khawatir karena di sana tersedia toilet dan tempat wudhu tetapi terkadang antri panjang. Untuk mensiasati maka bawalah botol air mineral untuk berwudhu disana.
  2. Bawalah koran atau kain alas untuk melaksanakan sholat di Pananjakan. Ada 2 lokasi yang bisa digunakan sholat, yaitu di mushola kecil atau di pendopo atas dekat lokasi melihat sunrise.
  3. Perhatikan arah kiblat, pasti berlawanan dengan arah melihat sunrise. Bisa cek menggunakan aplikasi atau bertanya dengan penduduk sekitar yang berjualan disekitar Pananjakan.
  4. Khusus di musim liburan, biasanya cukup sulit mengakses mushola yang ada disekitar Pananjakan. Oleh karena itu, carilah lokasi yang aman di alam terbuka untuk melakukan sholat.
  5. Setelah jam sholat masuk, langsung lakukan sholat. Setelah sholat barulah mencari posisi yang nyaman untuk melihat sunrise.
  6. Selama proses perjalanan wisata, kita bisa menjamak sholat dhuhur-ashar atau magrib-isya jika diperlukan.

PERLENGKAPAN YANG HARUS DIPERSIAPKAN

Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan antara lain :

  • Jaket tebal, syal, kaos kaki, sepatu dan sarung tangan untuk mengurangi hawa dingin
  • Baju dan celana ganti. Walaupun Anda hanya melakukan perjalanan sehari, sebaiknya Anda membawa pakaian ganti. Baju yang kotor oleh debu akan mengurangi kenyamanan Anda saat perjalanan pulang.
  • Masker dan kacamata akan berguna saat Anda ke kawah Bromo
  • Lokasi yang berpasir dan berdebu akan sangat mengganggu apabila Anda tidak memakai masker dan kacamata.Penggunaan Sun block juga dapat mengurangi kulit terbakar
  • Kamera, tripod, baterai cadangan, memory card kapasitas besar + cadangan, powerbank. Pemandangan yang indah mempesona akan membuat Anda tidak bosan-bosan untuk menjepret kiri-kanan, depan-belakang karena kemanapun Anda memandang memang luar biasa. Akan lebih baik apabila menyiapkan powerbank full untuk handphone anda. Jangan sampai belum setengah perjalanan baterai kamera / handphone habis atau memory Anda penuh sehingga Anda melewatkan pemandangan nan indah yang anda saksikan.
  • Makanan ringan, minuman, dan camilan lainnya. Menunggu matahari terbit sambil duduk bercanda ria bersama rekan-rekan Anda sambil menikmati camilan dan minuman hangat akan mengurangi cuaca dingin di Penanjakan.
  • Apabila ada senter mini, anda juga bisa membawanya untuk mempermudah melewati jalan di pananjakan yang gelap. Jika tidak ada, anda juga bisa mempergunakan cahaya senter dari HP anda sendiri.
  • Payung dan jas hujan jika cuaca tiba2 kurang bersahabat. Tetapi tidak perlu khawatir, biasanya di bromo pagi cerah dan baru hujan diatas jam 1 siang.

HIMBAUAN

  • Khusus untuk konsumen yang mengambil paket open trip (gabungan) mohon untuk menyesuaikan barang bawaan, karena terkait dengan konsumen yang lain dan mohon di sesuaikan dengan kapasitas bagasi All New Avanza / All New Xenia (*mohon tidak membawa koper terlalu besar).
  • Perhatikan barang bawaan selama berwisata. Baik ketika turun dari Jeep atau mobil, maupun ketika meninggalkan villa transit, homestay atau hotel. Pastikan tidak ada yang tertinggal. Kehilangan / ketinggalan barang merupakan tanggung jawab pribadi konsumen.
  • Villa transit merupakan rumah transit untuk persiapan sebelum dan sesudah trip Bromo seperti mempersiapkan trip, buang air, bersih diri, dan makan. Bukan untuk tidur.
  • Pemberangkatan menuju spot sunrise lebih dini (sekitar pukul 01.00 s.d 02.00) bertujuan untuk mengupayakan customer mendapat parkir Jeep di dekat area spot sunrise karena Jeep parkir di sepanjang bahu jalan. Sebaiknya menyiapkan camilan / makanan yang dapat menjaga badan tetap hangat.
  • Seluruh customer harap memperhatikan sampah yang dibawa agar dibuang pada tempat sampah yang ada. Jika belum menemukan tempat sampah bisa dibawa sendiri terlebih dahulu. Mari bersama kita budayakan menjaga kebersihan lingkungan agar bumi kita semakin lestari.

Berikan rating?