Tongkrongan malam hari di Batu Malang

Malam minggu memang paling seru jika dilewati dengan hangout bersama teman-teman sebaya. Menikmati objek wisata alam hingga nongkrong di kafe menjadi beberapa pilihan menarik untuk menikmati malam minggu. Melihat gemerlap lampu kota atau menikmati sunyinya alam, bisa kamu lakukan bersama teman-temanmu di malam minggu.

Di Kota Wisata Batu terdapat beberapa objek wisata malam serta kafe dan resto yang bisa dijadikan destinasi untuk menikmati malam minggu. Berikut ini 10 tempat hangout di Batu Malang yang wajib kamu coba saat malam minggu tiba. Simak baik-baik ya!

1. Kopi Letek

Suka hangout di malam minggu sambil minum kopi bareng teman-teman? Di sebelah timur Alun-Alun Kota Batu ada sebuah kafe dengan konsep vintage bernama Kopi Letek. Kafe yang beralamat di Jalan Diponegoro 14 ini, cukup terkenal di kalangan anak muda dan termasuk salah satu kafe hits Kota Batu.

Selain karena kopi dan hidangan makanannya yang nikmat, Kopi Letek juga menawarkan pemandangan cantik, yaitu Alun-Alun Kota Batu dengan latar belakang pegunungan. Harga yang ditawarkan di kafe ini cukup ramah di kantong, sehingga banyak anak muda yang senang nongkrong di sini. Kafe yang memiliki 4 lantai ini buka setiap hari pukul 12 siang hingga pukul 12 malam. Karena jaraknya yang sangat dekat, tidak ada salahnya jika setelah kamu berwisata ke Alun-Alun langsung nongkrong bareng teman-teman menghilangkan haus dan lapar di sini.

2. Daun Coklat Cafe

Ingin tau bagaimana rasanya ngopi di tengah alam bebas sambil menikmati hijaunya pepohonan yang rindang? Datang saja ke Daun Coklat Cafe atau biasa disebut Dancok Cafe. Kafe ini terletak di kawasan wisata rondo coban tepatnya di Pandesari, Pujon, Batu. Daun Cokelat Cafe merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda yang saat ini sedang hits.

Lokasinya yang menarik dan desain kafenya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain menikmati hidangan yang tersedia, pengunjung biasanya menghabiskan waktu dengan bersantai menikmati suasana serta berfoto mengabadikan pemandangan sekitar yang instagramable. Berkunjung ke kafe ini seakan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, karena selain menyantap hidangan yang lezat, kita juga bisa refreshing menikmati segarnya udara dan pemandangan khas pegunungan.

3. Pos Ketan Legenda 1967

Berkunjung ke Kota Batu rasanya kurang afdol jika tidak mampir ke Pos Ketan Legenda 1967. Sesuai dengan namanya, tempat makan yang menyajikan olahan ketan dengan berbagai macam rasa ini memang sudah melegenda sejak dulu dan kini menjadi salah satu kuliner khas Kota Batu. Kedai terletak di Jalan Kartini No. 6, Kota Batu atau tepat di sebelah barat Alun-Alun Batu. Tidak sulit untuk menemukan tempat ini, cukup berjalan ke arah barat alun-alun dan kamu akan melihat sebuah warung bertuliskan Pos Ketan Legenda.

Pos ketan yang buka mulai setengah 5 sore hingga dini hari ini tidak pernah sepi pembeli bahkan hingga tengah malam biasanya stok hidangan ketan sudah habis menjelang tutup. Harga menu yang disajikan di sini bervariasi mulai dari Rp 5.000,- saja kamu sudah bisa mencicipi sajian ketan yang lezat. Beberapa menu yang menjadi favorit pengunjung antara lain, ketan bubuk kedelai, ketan susu keju, ketan cokelat susu dan ketan durian.

4. Campfire Outdoor Cuisine

Satu lagi tempat kuliner yang sedang hits di Kota Batu yaitu, Campfire Outdoor Cuisine. Sesuai dengan namanya, tempat ini mengusung tema terbuka dengan api unggun yang tersedia di setiap meja. Campfire Outdoor Cuisine ini terletak di Jalan Ir. Soekarno No. 300 atau tepat di depan Hotel Mentari. Lokasinya yang berada di tepi jalan utama Batu-Malang membuat tempat ini tidak sulit untuk ditemui. Buka setiap hari pukul 4 sore hingga 12 malam, tempat makan yang unik ini selalu ramai dipenuhi pengunjung.

Bagaimana tidak, suasananya yang nyaman dengan tempat duduk berbentuk lingkaran dan dilapisi busa, serta nyala api unggun di tengah meja membuat suasana semakin hangat. Tempat ini cocok dikunjungi beramai-ramai bersama teman maupun keluarga. Menu yang disediakan di Campfire Outdoor Cuisine antara lain, ayam, daging, sate, sosis, dan jagung yang bisa dibakar langsung di meja. Soal rasa, jangan ditanya lagi, semua hidangan di sini menggugah selera. Disarankan datang kemari di saat petang karena sinar lampu yang ditata sedemikian rupa di sekitar tempat duduk semakin menghadirkan suasana romantis.

5. Pupuk Bawang

Pupuk Bawang merupakan sebuah kafe berkonsep elegan yang menyajikan pemandangan persawahan hijau seluas mata memandang di bagian belakang kafe. Kafe ini terletak di Jalan Panglima Sudirman 116 Kota Batu atau tepat di tepi jalan utama Batu-Pujon. Sekilas nama “Pupuk Bawang” terdengar lucu di telinga, artinya dalam Bahasa Jawa pun memang lucu yaitu “cuma main-main. Tapi tampaknya si pemilik menghadirkan kafe ini dengan tidak main-main.

Daya tarik yang dimiliki kafe yang tepat berada di samping kantor walikota ini adalah teras belakang kafe memiliki view ke kebun seledri, gunung banyak, serta rumah-rumah yang ada di kota batu. Pengunjung biasanya berebut kursi istimewa yang langsung menghadap ke kebun untuk mendapatkan tempat duduk dengan view yang pas. Namun sayangnya, jika turun hujan, pengunjung tidak bisa duduk di bangku ini karena posisinya yang berada di luar ruangan. Beberapa hidangan favorit di Pupuk Bawang antara lain, Chicken Katsu don Burri dan Classic Beef Burger. Lebih baik datang ke tempat ini di malam hari karena suasana romantis akan lebih terasa.

6. Omah Kitir Cafe

Omah Kitir Cafe terletak di Jalan Ridwan No.1, Ngaglik, Kota Batu. Lokasinya yang tidak terletak di tepi jalan utama terkadang membuat pengunjung merasa kebingungan mencari kafe yang satu ini. Namun kelebihannya adalah, pengunjung bisa menikmati suasana yang tenang, jauh dari bisingnya suara kendaraan yang berlalu lalang, udara yang sejuk tanpa terkena polusi, serta pemandangan Kota Batu yang indah. Suasana yang nyaman seperti ini kemudian menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Omah Kitir Cafe.

Selain itu, kafe yang buka setiap hari mulai pukul 11.00 sampai 24.00 ini memiliki slogan “The Most Romantic Place in Town”. Bagaimana tidak, kala senja mulai datang, suasana temaram dengan cahaya yang berasal dari lilin kecil menghidupkan suasana romantis di kafe dengan bangunan bergaya semi kolonial ini. Sangat cocok dikunjungi untuk menikmati malam minggu bersama pasangan tercinta atau teman-teman sejawat. Menu yang disajikan di kafe ini cukup beragam. mulai dari makanan barat seperti steak, baked pasta, dan pizza hingga makanan khas Indonesia seperti nasi goreng. Harga yang dibanderol pun tergolong sangat bersahabat di kantong, mengingat rasa hidangan yang lezat dan tempat yang nyaman sangat istimewa.

Telp : (0341) 524988

7. Kopi Teko

Kopi Teko merupakan sebuah kafe sekaligus resto yang menyajikan berbagai menu Chinese food, mie, dim sum, kopi, mocktail, dan masih banyak lagi. Harga menu yang dibanderol di sini tergolong bersahabat, yaitu sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 40.000,-. Sekilas menu di kafe ini mirip seperti resto Noodle Inc. yang ada di Kota Malang, namun lebih beragam. Kafe ini terletak di Jalan Diponegoro, Sisir, Kota Batu atau berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Malang.

Bangunannya lumayan besar dengan desain interior yang cukup menarik dan cozy. Suasana yang nyaman, membuat kafe yang buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 23.00 ini tak pernah sepi pengunjung terutama saat malam minggu tiba. Pengunjungnya pun tidak hanya berasal dari anak muda saja, namun orang dewasa juga sering mampir kemari untuk menikmati kelezatan menu makanan yang disajikan atau hanya untuk minum kopi sambing berbincang-bincang.

8. Rumah Sosis

Dilihat dari namanya, siapapun pasti sudah bisa menebak hidangan apa yang disajikan di resto yang terletak di Jalan Raya Oro-Oro Ombo, Kota Batu ini. Yup, Rumah Sosis menyediakan berbagai menu makanan berbahan dasar sosis. Salah satu menu andalan di resto ini adalah Dragon Sosis, yaitu hidangan sosis dengan panjang sekitar 42 cm dan disajikan dengan taburan keripik kentang, fried fries, serta aneka saus dan mayonaise.

Selain menu berbahan dasar sosis, Rumah Sosis juga menyediakan menu-menu lain bagi pengunjung yang tidak suka makan sosis, seperti nasi goreng, sop buntut, nasi ayam saus lada hitam, steak, pasta, nasi saus ayam teriyaki, dan masih banyak lagi. Meski pengunjung harus merogoh kocek agak dalam untuk makan di resto ini, namun rasa hidangannya yang lezat ditambah suasana resto yang sangat nyaman dijamin tidak akan membuatmu menyesal. Selain dapat menikmati berbagai hidangan sosis di tempat,resto yang buka mulai pukul 12.00 siang ini juga menyediakan aneka varian sosis yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh di rumah.

Telp : (0341) 590433

9. Jungle Fast Food Resto

Pernah membayangkan bagaimana rasanya makan sambil ditemani binatang buas seperti Leopard dan Cheetah? Jika penasaran, langsung saja datang ke Jungle Fast Food Resto yang berada di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Batu. Resto ini sebenarnya masih merupakan bagian dari Hotel Pohon Inn, tapi resto ini juga dibuka untuk umum. Desain interior resto ini membuat pengunjung serasa berada di hutan rimba.

Suasana terasa semakin spesial ketika Leopard dan Cheetah yang berada di balik kaca menatap satu per satu pengunjung yang sedang asik menikmati hidangan. Tidak perlu takut untuk bersantap di Jungle Fast Food Resto karena keamanan sangat terjamin di sini. Menu makanan yang disediakan di resto ini sangat beragam mulai dari makanan tradisional, chinese hingga western food. Nikmati sensasi bersantap yang berbeda dari biasanya.

10. Ria Djenaka Shinning Batu

Ria Djenaka Shinning Batu merupakan cabang dari kafe Ria Djenaka yang berada di Kota Malang. Terletak di jalur utama Malang-Batu atau tepatnya di Jalan Raya Beji Kota Wisata Batu membuat kafe yang satu ini sangat mudah untuk ditemui. Apalagi desain bangunan kafenya yang unik yaitu berbentuk container berwarna kuning sangat eye catching membuat siapa saja yang lewat tertarik untuk melihat ke arah kafe.

Kafe ini merupakan salah satu tempat nongkrong yang terkenal di Kota Batu karena suasananya yang nyaman serta pemandangan yang tampak dari lantai atas kafe terutama pada malam hari terlihat begitu indah. Menu yang disajikan di kafe ini sangat beragam mulai dari makanan tradisional hingga western serta minuman sederhana seperti teh hingga aneka float dan mojito. Sehingga kafe ini bisa dikunjungiberamai-ramai bersama keluarga maupun teman sejawat. Soal rasa tak usah diragukan lagi, dijamin enak! Terbukti dengan kafe yang tidak pernah sepi pengunjung meski di hari biasa.

11. Pupuk Bawang Café & Dining

Pupuk Bawang Café & Dining menjadi tempat nongkrong Instagramable di Batu yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan warga setempat. Di Pupuk Bawang Café & Dining, kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan pegunungan serta hamparan sawah yang begitu menyejukkan.

Tempat nongkrong kekinian di Batu ini berlokasi di Jalan Panglima Sudirman No 116 dan buka setiap hari pukul 10:00 – 24:00. Cukup sediakan bujet Rp100.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati beragam menu pasta, sup, aneka snack, serta minuman segar di Pupuk Bawang Café & Dining.

12. Café Bukit Delight

Photo credit: @rezaiqbal (Instagram)

Bingung mencari tempat nongkrong outdoor di Batu? Café Bukit Delight tentu bisa kamu kunjungi bersama teman-teman ataupun pasangan. Meski tidak memiliki area yang cukup luas, di Café Bukit Delight kamu bisa makan malam romantis dengan latar pemandangan deretan Gunung Panderman, Gunung Banyak, dan Gunung Arjuno.

Ditemani alunan musik jazz serta lampu-lampu yang tertata rapi, Café Bukit Delight di Jalan Joyo Agung No 1 ini mengusung konsep modern minimalis. Cobalah Creamy Smoothies Coffee dan Hot Dog Delight sebagai menu andalan mereka. Soal harga tak jadi masalah, cukup membawa Rp100.000 kamu sudah bisa makan untuk dua orang di sini.

13. The Clubhouse Restaurant & Lounge

Terletak di kawasan Jambuluwuk Resort, The Clubhouse Restaurant & Lounge juga jadi tempat nongkrong di Batu yang tak pernah sepi pengunjung. Selain menyajikan ragam menu khas nusantara seperti nasi goreng, sate, serta nasi liwet, di The Clubhouse Restaurant & Lounge pengunjung juga bisa merasakan sejuknya semilir angin serta pemandangan alam yang begitu eksotis.

Di The Clubhouse Restaurant & Lounge juga tersedia paket malam romantis untuk kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan dengan kisaran harga Rp200.000 – Rp300.000 per couple. Tertarik untuk menghabiskan waktu romantis di sini?

14. Omah Kitir

Objek wisata kuliner sekaligus tempat nongkrong di Batu selanjutnya adalah Omah Kitir. Tempat nongkrong yang beralamat di Jalan Ridwan No 1, Ngaglik ini buka setiap hari pukul 11:00 – 23:30.

Ada banyak menu masakan western yang bisa kamu pesan, mulai dari Steak Crispy Chicken Cheesy dengan tiga pilihan saus, Smoked Chicken Corn Cream Soup, hingga Authentic Italian Thin Pizza. Untuk mencicipi beragam menu di Omah Kitir kamu bisa menyediakan bujet sekitar Rp100.000 per orang. Cukup terjangkau, bukan?

15. Ria Djenaka Shining Batu

 

Ria Djenaka Shining Batu mungkin sudah tidak asing di telinga kamu. Lokasinya pun cukup strategis karena berada di pinggir jalan besar, tepatnya di Jalan Raya Beji No 142 yang bisa dijangkau dengan mudah oleh segala jenis kendaraan dari berbagai penjuru.

Mengusung konsep bangunan mirip rumah tradisional Joglo, di Ria Djenaka Shining Batu kamu bisa menikmati menu nusantara hingga mancanegara dengan tarif sekitar Rp20.000 – Rp40.000 per menu. Tenang saja, Ria Djenaka Shining Batu buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, kamu bisa berkunjung kapan saja.

16. Celcius Sky Lounge

Photo credit: @cici2830 (Instagram)

Tempat nongkrong yang tergolong baru di Batu ini bernama Fifteen Celcius Sky Lounge. Lokasinya berada di lantai 4 Amarta hills Hotel and Resort Batu. Soal menu makanan, kamu bisa memesan sushi, pizza, steak, sup, salad, dan pasta dengan harga mulai dari Rp45.000.

Untuk minuman, Fifteen Celcius Sky Lounge juga menyediakan beberapa pilihan latte, mocktail hingga jus segar dengan harga mulai dari Rp30.000. Fifteen Celcius Sky Lounge buka setiap hari pukul 11:00 – 21:30 saat hari biasa dan pukul 12:00 – 23:00 saat akhir pekan.

***

Mengingat udara Batu yang cenderung dingin saat malam hari, pastikan kamu mengenakan pakaian tebal saat berada di tempat nongkrong tersebut ya. Jangan sampai acara nongkrong kamu jadi terganggu atau harus selesai lebih cepat karena kamu kedinginan. Selamat menikmati Kota Batu!

SUMBER : https://travelingyuk.com/tempat-hangout-di-batu/24413/

Berikan rating?