Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Mengabadikan Sunrise Atau Sunset

Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Mengabadikan Sunrise Atau Sunset

Sunrise dan sunset adalah momen yang banyak ditunggu oleh para pendaki maupun traveller. Momen tersebut ditunggu karena jika kita bisa mengabadikan momen tersebut dengan baik, tentu hal tersebut bisa menjadi salah satu kepuasan batin oleh si fotografer ataupun si model. Kamu bisa mengeksplor kreativitasmu dengan memanfaatkan matahari untuk menciptakan gambar yang luar biasa. Saat sunrise atau sunset, banyak hal menarik yang layak untuk kamu masukkan ke dalam frame.

Untuk mengabadikan sunrise atau sunset, kamu bisa memperhatian hal-hal berikut yaitu :

  1. Manual focus

Gunakan manual focus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun manual focus merupakan suatu penghalang tersendiri jika kamu adalah seorang pemula atau traveller yang hanya mengandalkan kamera pocket / smartphone untuk merekam momen ini. Mode autofocus pada smartphone / kamera pocket biasanya akan membuat foto suasana sunset / sunrise menjadi cenderung gelap.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan setting pada white balance dan gantilah dengan setting white balance cameramu menjadi cloudy. Pengaturan ini akan membuat suasana sunset / sunrise menjadi lebih indah dan menarik.

  1. Penuh ketidakpastian

Kendala utama jika kamu melakukan foto sunrise atau sunset adalah keberadaan awan mendung ataupun kabut. Kondisi alam bukanlah halangan, kamu harus kreatif sehingga dapat menciptakan foto sunrise / sunset saat mendung / berkabut dengan pesona yang tidak biasa. Yang paling penting dalam memotret sunrise atau sunset adalah terus mencoba. Melatih insting merupakan hal penting dalam fotografi. Jangan pernah berhenti mencoba jika hasil foto sunrise atau sunset pertamamu tidak memuaskan.

Kesusahan Memotret Sunrise/Sunset? Ini Tipsnya

Posted Under
Uncategorized