Jenis-Jenis Tenda

Jenis-Jenis Tenda

Jika kita berada di alam bebas, maka tidak bisa di sembarang tempat kita bisa beristirahat. Diperlukan sebuah tempat yang bisa melindungi kita dari hujan, sinar matahari atau bahkan mungkin hewan buas. Untuk itu, biasanya para pendaki memerlukan tenda untuk tempat tinggal mereka yang aman dan nyaman selama di alam bebas. Berikut adalah jenis-jenis tenda yang bisa kita menfaatkan selama kita berada di alam bebas :

1. Bivak

 

sumber : materipramukalengkap.blogspot.com
sumber : materipramukalengkap.blogspot.com
sumber : rendyirfam.blogspot.com
sumber : rendyirfam.blogspot.com

Bivak merupakan tenda darurat / tenda sederhana yang biasanya digunakan pada saat perkemahan di alam bebas / kegiatan praktek bertahan hidup di alam bebas (survival). Siapkan paling tidak empat patok yang digunakan sebagai kerangka berdirinya bivak. Bahan yang biasa digunakan adalah jas hujan kelelawar yang biasanya digunakan saat mengendarakan motor atau bisa juga dibuat dari  tangkai-tangkai dedaunan. Biasanya tenda ini digunakan berlindung sementara.

2. Tenda Dome

sumber : pusattendamurah.com
sumber : pusattendamurah.com

Dome atau bulatan, merupakan bentuk dari tenda ini. Tenda ini merupakan tenda yang paling banyak diminati para penjelajah alam.  Tenda ini memiliki karakteristik yang ringan, tidak terlalu besar dan mudah untuk dibawa. Bahan tenda dome ini biasanya terbuat dari parachut nylon dan fiber frame sebagai tiang penyangganya. Biasanya tenda ini dilengkapi dengan cover tent yang memiliki bahan yang sama dan bersifat waterproof.

Pemasangan tenda ini biasanya dengan menyambungkan frame-frame yang bisa dibengkokkan tersebut menjadi satu ke dalam slot-slot / ruang yang sudah ada pada tenda. Kemudian setelah semua frame masuk, maka keempat sisi bagian alas harus dibenamkan pada tanah. Tenda doom ini memiliki berbagai jenis yaitu dome kapuas, dome barito dan dome citarik. Yang membedakan hanya pada shalter tambahan pada atapnya.

3. Tenda Pramuka

sumber : mountaineertent.com
sumber : mountaineertent.com

Tenda ini biasanya memang digunakan untuk melakukan aktifitas pramuka karena memiliki ukuran yang luas dan mampu menampung banyak orang serta memiliki karakteristik yang kuat. Namun kelemahannya adalah proses pendirian tenda yang tidak mudah karena membutuhkan lebih dari satu orang untuk mendirikannya. Biasanya tenda ini mampu menampung hingga 30 orang.

4. Flysheet

sumber : utancamp.blogspot.com
sumber : utancamp.blogspot.com

Sesuai dari bentuknya, tenda ini merupakan tenda pendukung saja biasanya untuk tempat rapat, tempat makan namun jarang digunakan untuk tidur karena memang tidak tertutup seluruhnya. Biasanya tenda ini juga digunakan sebagai backup tenda dome agar lebih kokoh.

Sumber :

http://www.idsurvival.com/2012/07/jenis-tenda-untuk-berkemah.html

http://tenthood.blogspot.co.id/2015/09/jenis-jenis-tenda.html

http://materi-pramuka-indonesia.blogspot.co.id/2012/09/tenda-camping-pada-perkemahan-pramuka.html

 

Posted Under
Uncategorized